Analisis Kemampuan Berpikir Ilmiah Berdasarkan Tipe Kepribadian Peserta Didik Kelas Bina Prestasi di MTSN 3 Ponorogo

Rahayu, Dhari Sri (2022) Analisis Kemampuan Berpikir Ilmiah Berdasarkan Tipe Kepribadian Peserta Didik Kelas Bina Prestasi di MTSN 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
207180020_DHARI SRI RAHAYU_TADRIS IPA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Era abad 21 ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat. Pendidikan abad 21
juga memberikan tantangan kepada peserta didik untuk unggul berkompetisi dalam
memanfaatkan informasi. Ilmu sains membutuhkan kemampuan berpikir ilmiah dalam proses
pembelajaran yang dilakukan. Pembelajaran sains dapat dilakukan dengan mengintegrasikan
antara konsep kehidupan nyata dengan materi yang sudah dipelajari. Perpaduan antara konsep
kehidupan dengan materi bertujuan untuk mengimplementasikan konsep IPA yang sangat erat
dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran IPA seringkali kurang diminati oleh peserta didik
karena peserta didik kurang menguasai konsep IPA. Hal tersebut dapat disebabkan oleh faktor
dalam diri peserta didik yaitu karakteristik yang meliputi kemampuan, sikap, motivasi,
kepribadian, dan gaya belajar. Sedangkan faktor dari luar diantaranya yaitu sumber belajar,
lingkungan belajar, strategi dan sebagainya. Kepribadian dapat mempengaruhi prestasi belajar
peserta didik. Selain itu, adanya faktor dalam diri peserta didik juga mempengaruhi hasil belajar
peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui kemampuan berpikir ilmiah siswa berdasarkan
tipe kepribadian siswa, dan Mengetahui hubungan tipe kepribadian terhadap kemampuan
berpikir ilmiah siswa.
Adapun metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan desain naturalistik.
Pengambilan data dilakukan melalui tes kemampuan berpikir ilmiah, kuisioner tipe kepribadian,
dan dokumentasi pada kelas bina prestasi MTsN 3 Ponorogo. Data hasil penelitian dianalisis
menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa Peserta didik yang memiliki tipe kepribadian
introvert, diperoleh rata- rata nilai lebih tinggi daripada peserta didik yang memiliki kepribadian
ekstrovert maupun ambivert yaitu 4, 71. Sedangkan peserta didik yang memiliki tipe kepribadian
ekstrovert memiliki rata-rata nilai lebih rendah daripada peserta didik yang memiliki tipe
kepribadian introvert, yaitu 4, 56. Sedangkan peserta didik yang memiliki tipe kepribadian
ambivert menempati rata-rata nilai terendah, yaitu 3,66. Peserta didik yang memiliki tipe
kepribadian introvert memiliki rata-rata nilai yang lebih tinggi daripada peserta didik yang
memiliki tipe kepribadian ekstrovert maupun ambivert. Keterkitan antara tipe kepribadian
terhadap dengan kemampuan berpikir ilmiah yang dimiliki peserta didik dapat dilihat melalui
pemikiran fokus yang dimiliki oleh peserta didik. Keterkaitan tersebut terletak pada hasil tes
kemampuan berpikir ilmiah yang berada pada urutan paling tinggi

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 29 Nov 2024 07:07
Last Modified: 29 Nov 2024 07:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30668

Actions (login required)

View Item View Item