Ratnasari, Triana Devi (2024) Efektivitas Penerapan Model Cooperative Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran PAI di SMAN 1 Slahung Ponorogo Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200408_TRIANA DEVI RATNASARI_PAI.pdf Download (891kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting, namun masih banyaknya siswa yang kesulitan dalam memahami konsep-konsep yang telah di ajarkan. Dalam proses pembelajaran PAI yang dilakukan di kelas XI SMAN 1 Slahung, guru mengalami permasalahan yang harus dihadapi yaitu berkaitan dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI yang masih kurang maksimal yang disebabkan karena peserta didik kurang tertarik untuk mengikuti pembelajaran PAI yang ditunjukkan oleh jumlah siswa yang tidak memenuhi KKM ada sebanyak 40%. Peningkatan kualitas pendidikan di sekolah sangat erat kaitanya dengan kualitas pembelajaran yang telah dilakukan oleh setiap guru dan siswa di sekolah. Kualitas pendidikan siswa yang meningkat dapat terlihat dari meningkatnya hasil belajar dari para siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan cara penggunaan model pembelajaran yang tepat.
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model cooperative learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Slahung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif menekankan analisis pada data numeric (angka) yang kemudian akan dianalisis dengan metode statistic yang sesuai. Biasanya penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian inferensial hipotesis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen termasuk dalam salah satu penelitian kuantitatif yang kuat dalam mengukur hubungan sebab akibat. Penelitian eksperimen ini melibatkan dua kelompok siswa, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Hasil dari penelitian ini yakni penggunaan model cooperative learning dan ceramah berdasarkan hasil rata-rata kedua kelompok yakni 85,17 dan 63,00. Maka terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI. Dihitung dengan menggunakan uji t independent t test dimana nilai signifikansinya < 0,05 maka Ho ditolak yang artinya ada perbedaan efektivitas dalam penerapan model cooperative learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Slahung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Athok Fu'adi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 08:08 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 08:08 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30663 |
Actions (login required)
View Item |