Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro kecil Menengah Pada Pusat Oleh-Oleh Gadung Melati Perspektif Ekonomi Islam

Hidayah, Devi Afika Shakirotul (2024) Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro kecil Menengah Pada Pusat Oleh-Oleh Gadung Melati Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
E THESIS DEVI AFIKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tantangan yang dihadapi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk memperkuat struktur perekonomian nasional cukup berat. Lemahnya kemampuan manajerial dan sumber daya manusia, mengakibatkan UMKM tidak mampu menjalankan usahanya dengan baik. Dalam proses pemberdayaan ini terdapat permasalahan bahwa sebagian pelaku UMKM gagap teknologi, pemerintah keterbatasan anggaran, lokasi pusat oleh-oleh Gadung Melati kurang strategis, dan juga keterbatasan promosi sehingga belum banyak wisatawan atau masyarakat lokal mengetahui pusat oleh-oleh ini bahkan produk mengalami expayed.
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pelaksanaan strategi pemberdayaan yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan sumber daya manusia dan memperluas pemasaran, menganalisis faktor pendukung dan penghambat pelaku UMKM di pusat oleh-oleh Gadung Melati, serta menganalisis dampak dari strategi pemberdayaan menurut ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah 7 narasumber yaitu Kepala Bidang PKUEM (Penguatan Kelembagaan, Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat dan Sosial Budaya Dinas PMD Kabupaten Ponorogo, 4 pelaku UMKM di Kabupaten Ponorogo, 2 karyawan Gadung Melati, dan 1 PKK Akademia. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan Ketua Bidang PKUEM dan SOSBUD, 2 karyawan pusat oleh-oleh, 4 pelaku UMKM, dan 1 PKK Akademia.
Hasil penelitian membuktikan bahwa, proses strategi pemberdayaan UMKM pada pusat oleh-oleh Gadung melati dilaksanakan cukup baik. Terdapat hasil penelitian yaitu (1) Pelaksanaan strategi pemberdayaan ini terlaksana dengan baik dan terstruktur; (2) Faktor pendukung : pelaku UMKM antusias dalam melaksanakan pemberdayaan ini dan juga banyak fasilitas yang di dapat seperti pelatihan PIRT dan Sertifikasi Halal. (3) Dampak strategi pemberdayaan yaitu mendapatkan pengetahuan setelah mengikuti berbagai proses strategi pemberdayaan yang nantinya dapat diterapkan dalam mengembangkan usahanya maupun memberikan wawasan kepada pelaku UMKM lain dan juga tercukupinya kebutuhan sehari-hari para pelaku UMKM. Dalam pandangan ekonomi Islam, pemberdayaan UMKM tidak hanya berfokus pada peningkatan pendapatan, tetapi juga pada kesejahteraan menyeluruh yang mencakup keadilan, keberkahan, dan kontribusi sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: TIARA WIDYA ANTIKASARI
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Nov 2024 06:39
Last Modified: 29 Nov 2024 06:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30651

Actions (login required)

View Item View Item