Pengaruh Strategi Active Learning Tipe Team Quiz Berbasis Literasi Sains terhadap Kemampuan Bertanya di MTsN 2 Ponorogo

Syamsiana, Devita Nurlia (2022) Pengaruh Strategi Active Learning Tipe Team Quiz Berbasis Literasi Sains terhadap Kemampuan Bertanya di MTsN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
207180019_DEVITA NURLIA SYAMSIANA_TADRIS IPA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Menghadapi tantangan abad 21, siswa dituntut untuk
memiliki keterampilan berliterasi sains yang baik. Keterampilan
ini, dapat digali melalui kemampuan bertanya siswa.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, ternyata
kemampuan bertanya siswa masih kurang maksimal. Hal ini
dipengaruhi oleh penerapan model pembelajaran yang belum
variatif, kurangnya fokus belajar selama pembelajaran IPA di
kelas, serta kurangnya kepercayaan diri siswa untuk
menyampaikan pertanyaannya. Sehingga, perlu diadakan
pembelajaran yang melatihkan kemampuan bertanya agar dapat
menumbuhkan kemampuan berliterasi sains siswa. Jadi,
penelitian ini akan menerapkan Active Learning tipe Team Quiz
berbasis literasi sains untuk memaksimalkan kemampuan
bertanya siswa dalam pembelajaran IPA. Memilih strategi
Active Learning tipe Team Quiz dikarekan strategi ini dinilai
mampu meningkatkan kemampuan bertanya dalam diri peserta
didik. Hal tersebut didasarkan pada teori yang dikemukakan Mel
Silberman pada tahun 2014 bahwa strategi Active Learning tipe
Team Quiz akan membantu siswa aktif bertanya dan berlomba-
lomba memnangkan pertadingan akademis dari hasil kuis
sehingga pembelajaran menjadi hidup dan menyenangkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)
keterlaksanaan pembelajaran IPA dengan strategi Active
Learning tipe Team Quiz berbasis literasi sains, (2) aktivitas
siswa selama pembelajaran IPA dengan strategi Active Learning
tipe Team Quiz berbasis literasi sains, (3) pengaruh strategi
Active Learning tipe Team Quiz berbasis literasi sains terhadap
kemampuan bertanya siswa dalam pembelajaran IPA.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis
Quasi Experiment Design. Teknik pengumpulan data melalui
observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
lembar observasi dan soal tes (pretest dan posttest). Lokasi
penelitian di MTsN 2 Ponorogo dengan sampel penelitian
sebanyak 2 kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) yang
jumlahnya 40 siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji t.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh hasil
bahwa (1) keterlaksanaan pembelajaran IPA di kelas VIII
dengan strategi Active Learning tipe Team Quiz berbasis literasi
sains di MTsN 2 Ponorogo terlaksana dengan baik, yang
dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil observasi sebesar 4.65
(93%), (2) aktivitas siswa selama pembelajaan IPA dengan
strategi Active Learning tipe Team Quiz berbasis literasi sains di
MTsN 2 Ponorogo menunjukkan bahwa tergolong baik, yang
dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil observasi sebesar 4.52
(90,4%), (3) terdapat pengaruh strategi Active Learning tipe
Team Quiz berbasis literasi sains terhadap kemampuan bertanya
siswa dalam pembelajaran IPA di MTsN 2 Ponorogo, yang
dibuktikan dengan nilai p-value hasil uji t (two-tailed)
berbantuan software Minitab19 sebesar 0.000 lebih kecil dari α
(0.05 atau 5%). Kemampuan bertanya peserta didik di kelas
eksperimen lebih baik dari pada di kelas kontrol, yang
iv
dibuktikan dengan hasil nilai Difference uji t (two-tailed) sebesar
35.88, dengan nilai positif. Selain itu, kemampuan bertanya
siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas
kontrol dengan bukti hasil uji N-gain sebesar 0.66 atau setara
dengan 65.69% termasuk kriteria sedang dengan tafsiran cukup
efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faninda Novika Pretiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 29 Nov 2024 03:51
Last Modified: 29 Nov 2024 03:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30643

Actions (login required)

View Item View Item