Pengembangan Media Pembelajaran Smart Apps Creator (SAC) Berwawasan Lingkungan untuk Meningkatkan Sikap Kepedulian Lingkungan.

Wahdana, Bayu Marhaini (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Smart Apps Creator (SAC) Berwawasan Lingkungan untuk Meningkatkan Sikap Kepedulian Lingkungan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
207180014_Bayu Marhaini Wahdana_TADRIS IPA_SKR.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran bertujuan agar materi yang
disampaikan menjadi mudah dipahami dan diterima oleh siswa.
Perkembangan media pembelajaran sangatlah beragam
misalnya penggunaan media mobile learning dengan
memanfaatkan smartphone. Penggunaan smartphone pada
masa pandemic Covid-19 tidak hanya digunakan sebagai alat
komunikasi saja tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai media
pembelajaran yang memiliki sifat mudah dijangkau (fleksibel).
Namun sekarang keadaan bumi sangat memprihatinkan dan
perlu upaya untuk menanggulanginya. Perlu ada sebuah
wawasan mengenai lingkungan diharapkan mampu
mewujudkan sikap peduli lingkungan yang semakin hari
semakin meresahkan. Pengembangan Media Pembelajaran
Smart Apps Creator berwawasan lingkungan ini dapat menjadi
solusi dari beberapa permasalahan yang terjadi.Tujuan penelitian ini untuk (1) Menjelaskan prosedur
penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan
Smart Apps Creator berwawasan lingkungan untuk
meningkatkan kepedulian lingkungan di SMP Negeri 2
Tulakan, (2) Mengetahui dan menganalisis hasil penerapan
penelitian terhadap model media pembelajaran menggunakan
software Smart Apps Creator berwawasan lingkungan untuk
meningkatkan kepedulian lingkungan di SMP Negeri 2
Tulakan, (3) Mengetahui faktor-faktor pendukung pengguna
media pembelajaran menggunakan software Smart Apps
Creator berwawasan lingkungan untuk meningkatkan
kepedulian lingkungan di SMP Negeri 2 Tulakan
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan
pengembangan (research and
development). Dengan prosedur penelitian analysis, design,
development, implementation, evalution (ADDIE). Metode
penilitian ini meliputi tes angket dan wawancara. Subjek
penelitian adalah siswa kelas VII B dan VII C dengan analisis
data deskriptif
Media ini terbukti dapat mmeningkatkan sikap
kepedulian lingkungan siswa, dalam tahap validasi media
pembelajaran ini dinyatakan valid oleh para validator ahli di
bidang pendidikan, dari hasil wawancara hasil bahwa media ini
telah valid melalui penyebaran angket yang diisi, dari segi
keefektifan buku ajar ini memperoleh nilai taraf signifikansi
0.00 < 0.05 melalui uji paired T test dengan data sample pre-
test post test kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 29 Nov 2024 03:43
Last Modified: 29 Nov 2024 03:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30639

Actions (login required)

View Item View Item