Analisis Kemampuan Menyelesaikan Masalah Peserta Didik Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin

Badi’ah, Nurul Alfia (2022) Analisis Kemampuan Menyelesaikan Masalah Peserta Didik Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
207180004_ALFIA NURUL BADI'AH_TADRIS IPA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kemampuan menyelesaikan masalah sangat penting untuk
dilatihkan pada peserta didik karena melalui keterampilan tersebut
peserta didik belajar untuk lebih mandiri dan dapat melatih
berpikir tingkat tinggi. Orang-orang menghadapi tugas
penyelesaian masalah yang tidak biasa dan lebih kompleks
daripada 50 tahun yang lalu dalam situasi sehari-hari dan sosial,
termasuk lingkungan kerja saat ini dan kecenderungan ini akan
terus tumbuh dan menantang manusia yang hidup di masa depan.
Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 6 Ponorogo dan
bertujuan untuk menganalisis (1) Profil kemampuan
menyelesaikan masalah ditinjau dari perbedaan jenis kelamin, (2)
Faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan menyelesaikan
masalah, (3) Keterkaitan antara kemampuan menyelesaikan
masalah dan perbedaan jenis kelamin.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah
kualitatif deskriptif desain naturalistik. Pengambilan data
dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam kepada 8
sampel yang dipilih melalui purposive sampling. Data yang didapat kemudian dianalisis model analisa Miles dan Huberman
yang terdiri dari tiga langkah yaitu reduksi, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Pada proses analisa data menggunakan
bantuan software Nvivo12 dalam proses visualisasi data.
Berdasarkan hasil analisa data penelitian menunjukkan
bahwa (1) kemampuan menyelesaikan masalah literasi peserta
didik perempuan di MTsN 6 Ponorogo lebih unggul daripada
peserta didik laki-laki, sedangkan kemampuan menyelesaikan
masalah matematis peserta didik laki-laki dan peserta didik
perempuan memiliki kesamaan, (2) faktor yang memengaruhi
kemampuan menyelesaikan masalah di MTsN 6 Ponorogo ialah
karakter peserta didik, motivasi, lingkungan, dan sarana dan
prasarana, (3) keterkaitan antara kemampuan menyelesaikan
masalah dengan perbedaan gender. Peserta didik laki-lakidi MTsN
6 Ponorogo dalam menyelesaikan masalah cenderung cepat,
kurang teliti, dan sangat rasional. Peserta didik perempuan
cenderung berhati-hati, lebih teliti, dan memiliki cara berpikir
yang lebih emosional namun tetap rasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 29 Nov 2024 03:39
Last Modified: 29 Nov 2024 03:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30638

Actions (login required)

View Item View Item