Nurngaini, Natza Dewi (2024) Penerapan Prinsip-Prinsip Etika Bisnis Islam Pada Perilaku Pedagang Playon Di Pasar Tradisional Dolopo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
401200257_NATZA DEWI NURNGAINI_ES.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Etika bisnis Islam adalah perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Islam dalam menjalankan aktivitas bisnis, sehingga para pelaku bisnis dapat melakukannya dengan keyakinan bahwa tindakan mereka sesuai dengan ajaran agama. Namun, pada kenyataannya masih banyak pedagang yang belum sepenuhnya paham tentang prinsip-prinsip etika bisnis Islam dalam berdagang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman dan penerapan prinsip etika bisnis Islam para pedagang playon di pasar Tradisional Dolopo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan, data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis dalam penelitian ini yakni melihat mengenai prinsip etika bisnis Islam dalam perilaku pedagang playon di pasar tradisional Dolopo.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para pelaku pedagang playon di Pasar tradisional Dolopo belum sepenuhnya paham tentang etika bisnis Islam, tetapi dalam kegiatan dagang menggunakan pemahaman agama tentang halal dan haram barang yang dijual. Dalam penerapan prinsip-prinsip etika bisnis Islam sebagian sudah sesuai akan tetapi belum sepenuhnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Choirul Daroji |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 06:35 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 06:35 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30637 |
Actions (login required)
View Item |