Anindita, Alda Maulidya (2022) Studi Komparasi Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Menggali Informasi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
207180002_Alda Maulidya Anindita_Tadris IPA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan IPA abad 21 menuntut peserta didik untuk
mampu menganalisis informasi yang diperoleh dalam
memecahkan permasalahannya, sehingga peserta didik harus
memiliki kemampuan menggali informasi yang baik. Namun,
kemampuan menggali informasi peserta didik saat ini masih
dirasa rendah. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk
meningkatkan kemampuan tersebut. Salah satunya melalui
penerapan model pembelajaran, seperti Jigsaw dan CIRC.
Jigsaw dipilih karena dilakukan secara berkelompok dan
menuntut peserta didik untuk saling berdiskusi agar dapat
menemukan informasi penting dalam suatu materi. Sementara
itu, CIRC dipilih karena dilaksanakan dengan menggunakan
tim-tim kooperatif untuk membantu peserta didik mempelajari
dan membangun kemampuannya dalam memahami dan
menggali informasi dalam suatu bacaan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui
keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model
pembelajaran Jigsaw, (2) mengetahui keterlaksanaan
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CIRC,
dan (3) mengetahui model pembelajaran yang lebih baik antaraiii
model pembelajaran Jigsaw dan CIRC terhadap kemampuan
menggali informasi peserta didik.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis
penelitian quasi eksperimen, dan desain penelitian the static-
group comparison design. Penelitian dilaksanakan di MTs
Ma’arif Balong dengan populasi seluruh peserta didik kelas VIII
yang berjumlah 50 peserta didik. Teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik nonprobablity sampling dengan jenis
purposive sampling. Sampel terdiri atas peserta didik kelas VIII
B sejumlah 16 peserta didik sebagai kelas eksperimen 1 dan
peserta didik kelas VIII A sejumlah 18 peserta didik sebagai
kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan adalah lembar
observasi keterlaksanaan model pembelajaran Jigsaw dan
CIRC, serta soal tes yang berkaitan dengan kemampuan
menggali informasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis
menggunakan uji t.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1)
keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model
pembelajaran Jigsaw termasuk dalam kategori sangat baik, (2)
keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model
pembelajaran CIRC juga termasuk dalam kategori sangat baik,
dan (3) model pembelajaran CIRC lebih baik daripada Jigsaw
terhadap kemampuan menggali informasi peserta didik. Hal ini
dibuktikan dengan hasil uji t yang menunjukkan bahwa P-Value
yang didapat sebesar 0,013 dan kurang dari 0,05, sehingga H0
ditolak. Kemudian, hasil rata-rata tes peserta didik yang
menggunakan model pembelajaran Jigsaw sebesar 82,11dan
model pembelajaran CIRC sebesar 88,33.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Faninda Novika Pertiwi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 03:36 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 03:36 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30636 |
Actions (login required)
View Item |