Susanti, Susi (2022) Manajemen Mutu Kearsipan Sekolah di SMP Negeri 5 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
206180117 SUSI SUSANTI Manajemen Pendidikan Islam.pdf Download (718kB) | Preview |
Abstract
Manajemen kearsipan di SMP Negeri 5 Ponorogo sangatlah penting karena arsip yang
baik itu nantinya dapat memberikan sebuah pelayanan yang cepat dan tepat bagi yang
membutuhkannya. Serta kemajuan suatu lembaga pendidikan atau sekolah baik milik swasta
maupun pemerintah sangat ditentukan oleh baiknya pengelolaan administrasi seta arsipnya. Arsip
disini merupakan kumpulan catatan atau rekaman dari setiap kegiatan. Arsip mempunyai peranan
yang sangat penting bagi kelancaran administrasi sekolah nantinya..
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan, mengetahui dan memahami: (1)
Perencanaan pengelolaan mutu arsip sekolah, (2) Pelaksanaan dalam pengelolaan mutu arsip
sekolah, (3) Evaluasi pengelolaan mutu arsip sekolah.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan
metode study kasus, teknik pengumpulan data penlitian dilakukan dengan cara wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain kepala
sekolah, koordinator tata usaha dan staf administrasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini
dilakukan dengan tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data, kesimpulan. Pengecekan
keabsahan data pada penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi sumber dan
triangulasi teknik.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) perencanaan
pengelolaan arsip terdapat beberapa tahap yaitu menyusun program kerja selama satu tahun
kedepan, mengelola administrasi, mengkoordinasikan dan mengacu permendikbud No. 6 Th.
2009. Pada penyusunan program ada beberapa poin yang harus ada seperti halnya menetapkan
tujuan yang jelas, menetapkan tenggang waktu, menuliskan rencana tindakan untuk mencapai
tujuan yang jelas, melakukan pengorganisasian atau pembagian kerja dan menyiapakan evaluasi
terhadap setiap perencanaan seperti halnya dalam perawatan dan pemeliharaan arsip. (2)
pelaksanaan pengelolaan mutu arsip sekolah dilakukan dengan cara melaksanakan sesuai
program kegiatan melalui koordinasi dan pengelolaan bersinergi yang dilakukan setiap jam kerja,
serta faktor pendukung dalam pelaksanaan disini yaitu tenaga pengelola yang terampil dan
menguasai bidangnya. (3) pada tahap evaluasi pengelolaan mutu arsip sekolah pelaksana
melakukan laporan kepada koordinator tata usaha sekolah, kemudian koordinator tata usaha
melakukan konsolidasi dengan kepala sekolah. Dan untuk menindak lanjuti hasi evaluasi tersebut
yaitu dengan melakukan sebuah pendampingan terhadap tenaga administrasi serta pendampingan
dalam pengelolaan mutu arsip. Dalam hasil evaluasi diketahui bahwasannya pelaksanaan
pengelolaan arsip sudah sesuai dengan prosedur kearsipan walaupun belum seratus persen
terlaksan dan pengelola arsip begitu terampil dan menguasai bidangnya, bukti kearsipan seperti
halnya pengarsipan surat menyurat, dan penyimpanana arsip. Tindak lanjut dari evaluasi
pengelolaan mutu arsip sekolah yaitu melakukan sebuah Pembinaan terhadap tenaga administrasi
serta pendampingan dalam pengelolaan mutu arsip. Tujuan diadakannya evaluasi disini yakni
untuk meminimalisir kekurangan dari tahun sebelumnya dan juga sebagai bahan pertimbangan
untuk program selanjutmya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muhammad Ghafar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 03:28 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 03:28 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30631 |
Actions (login required)
View Item |