Manajemen Perubahan dalam Mempertahankan Prestasi Madrasah Unggulan (Studi Kasus di MAN 2 Ponorogo pada Masa Pandemi COVID-19)

Karisma, Linda Ayu (2022) Manajemen Perubahan dalam Mempertahankan Prestasi Madrasah Unggulan (Studi Kasus di MAN 2 Ponorogo pada Masa Pandemi COVID-19). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180108 LINDA AYU KARISMA_MPI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Lembaga pendidikan merupakan salah satu sektor yang terdampak akibat penyebaran
COVID-19 yang belum usai. Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan dalam pelaksanaan
kegiatan pembelajaran dan sistem manajemen. Berdasarkan Surat Edaran oleh Bupati Ponorogo
Nomor 420/1063/405.01/2020 tentang Pelaksanaaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat
Penyebaran COVID-19 menerangkan bahwa setiap kegiatan pembelajaran harus dilaksanakan
secara daring. Adanya perubahan yang terjadi secara tidak terencana menjadi sebuah tantangan
bagi berbagai lembaga pendidikan untuk tetap bertahan memberikan yang terbaik dalam kegiatan
pembelajaran dan pengembangan diri siswa. Pengelolaan dengan manajemen perubahan
merupakan bagian yang sangat penting sebagai upaya solusi dan adaptasi menuju peningkatan
kemampuan lembaga pendidikan untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan.
Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis tahapan model manajemen
perubahan melalui (1). The Choice Process (proses pilihan), (2). The Trajectory Process (proses
lintasan), (3) The Change Process (proses perubahan), dan (4). Implikasi manajemen perubahan
dalam mempertahankan prestasi madrasah unggulan pada masa penyebaran COVID-19.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus,
dengan teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain Kepala Madrasah, Wakil Kepala
Madrasah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Wakil Kepala
Madrasah Bidang Sarana Prasarana dan Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas. Teknik analisis
data dalam penelitian dilakukan dengan tiga tahapan yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan
kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan peningkatan
ketekunan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses tahapan perubahan pada masa pandemi
COVID-19 di MAN 2 Ponorogo sesuai dengan model manajemen perubahan yang dikemukakan
oleh Burnes, dengan tahapan (1). The Choice process. Analisis kondisi perubahan organisasi
menggunakan metode SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, Threats), dengan fokus
pilihan perubahan organisasi pada adaptasi IT (Information Technology), dan pengambilan
keputusan dilakukan dengan kegiatan musyawarah, (2). The trajectory process. Pada proses
lintasan, peningkatan kualitas organisasi dalam menghadapi perubahan dilakukan dengan
penguatan visi RUBI (Religius, Unggul, Berbudaya dan Integritas), penerapan strategi
manajemen POAC (Planning, Organizing, Actuating dan Controlling) yang bersifat kondisional,
dan fokus perubahan organisasi yaitu dengan pelaksanaan kegiatan secara daring (3). The change
process yaitu dengan melakukan pendekatan pada mekanisme input, proses, dan output untuk
mencapai hasil perubahan sesuai dengan yang diharapakan. (4) Implikasi dalam
mempertahankan madrasah unggulan dilakukan dengan melakukan upaya perubahan di berbagai
bidang sesuai dengan indikator madrasah unggulan berdasarkan Depdikbud (Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan)

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 29 Nov 2024 03:22
Last Modified: 29 Nov 2024 03:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30629

Actions (login required)

View Item View Item