Mu’minin, Amirul (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Problem based learning Berbasis Socioscientific terhadap Kemampuan Argumentasi Peserta Didik Kelas VIII di Mts N 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
207180005_AMIRUL MU'MININ_TADRIS IPA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan argumentasi sangat penting untuk
dibelajarkan dalam pembelajaran sains agar peserta didik
mempunyai cara berpikir logis, sudut pandang yang jelas serta
penjelasan nyata terhadap fenomena yang dipelajari. Pada
kenyataannya kemampuan argumentasi peserta didik tergolong
masih rendah. Penggunaan model pembelajaran problem based
learning berbasis socioscientific menjadi salah satu alternatif
dari permasalahan tersebut. Melalui model problem based
learning berbasis socioscientific akan tercipta pembelajaran
yang aktif sekaligus menantang dimana antar peserta didik akan
saling berpikir kritis, berdiskusi serta berdebat dalam
menyampaikan pendapatnya untuk memberikan solusi dari
permasalahan yang terjadi dikehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas peserta didik saat
mengikuti proses pembelajaran, dan efektivitas model
pembelajaran problem based learning berbasis socioscientificterhadap kemampuan argumentasi peserta didik kelas VIII pada
mata pelajaran IPA.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif
eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control
group design yang dilakukan di MTs N 1 Ponorogo. Sampel
yang digunakan yaitu kelas VIII E sebagai kelas kontrol dan VIII
F sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini yaitu
lembar observasi dan soal tes. Sebelum pembelajaran dilakukan,
peneliti terlebuh dahulu mengadakan pre test dan diakhir
pembelajaran dilakukan post test. Data dianalisis menggunakan
statistik deskriptif dan statistik inferensial meliputi uji asumsi
serta uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan
pembelajaran berjalan dengan sangat baik, hal ini dilihat dari
rata-rata skor yang diperolehh dari keseluruhan pertemuan
sebesar 84,41%. Aktivitas peserta didik memperoleh rata-rata
sebesar 84,45% yang berada pada kategori sangat baik. Hasil uji-
t menunjukkan bahwa kemampuan argumentasi peserta didik
yang menggunakan model pembelajaran problem based
learning berbasis socioscientific (eksperimen) lebih baik
dibandingkan dengan kemampuan argumentasi peserta didik
yang menggunakan model ceramah (kontrol) pada mata
pelajaran IPA di MTs N 1 Ponorogo. Hasil tersebut juga berarti
bahwa model pembelajaran problem based learning berbasis
socioscientific efektif untuk meningkatkan kemampuan
argumentasi peserta didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Hanin Niswatul Fauziah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 03:14 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 03:14 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30627 |
Actions (login required)
View Item |