Rohmatin, Zihan Azizatul (2022) Penggunaan Media Playdough Untuk Mengembangkan Sikap Kreatif Anak Usia Dini Di RA Perwanida Ngrandu Kauman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
205180057_ZIHAN AZIZATUL ROHMATIN_PIAUD.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penggunaan Playdough sangat penting dalam aspek perkembangan sikap
kreatif untuk merangsang perilaku tindakan anak terhadap suatu benda. Di RA
Perwanida Ngrandu sudah menerapkan pembelajaran media Playdough dengan
metode bermain dan bercerita untuk mengembangkan sikap kreatif. Maka
keunikan tersebut mendorong peneliti tertarik untuk meneliti penggunaan media
Playdough untuk mengembangan sikap kreatif di RA Perwanida Ngrandu.
Hal tersebut dilaksanakan untuk: mengetahui penggunaan Playdough dalam
kegiatan pembelajaran di RA Perwanida Ngrandu Kauman Ponorogo,
mengetahui sikap kreatif anak usia dini di RA Perwanida Ngrandu Kauman
Ponorogo, dan mengetahui capaian penggunaan Playdough untuk
mengembangkan sikap kreatif anak usia dini di RA Perwanida Ngrandu Kauman
Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data menggunakan
teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
adalah model Miles dan Hubberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) anak-anak sangat antusis dalam
bermain. Guru menjelaskan materi, memilih jenis bahan dan alat, membuat
adonan Playdough bersama anak, membagikan adonan, membentuk bebas sesuai
imajinasi, membentuk Playdough sesuai yang dicontohkan guru dengan tambahan
media bahan bekas 2) menunjukkan peningkatan perkembangan dengan sangat
baik. Hal ini terbukti anak dapat mencapai indikator sikap kreatif yaitu memiliki
rasa ingin tahu seperti mengeksplor objek dan bertanya, daya imajinatif seperti
menuangkan ide gagasan melalui bercerita, sikap tertantang oleh kemajemukan
seperti menyelesaikan tugas membuat berbagai macam bentuk dan mempunyai
jiwa seni, sikap mandiri seperti mengerjakan tanpa bantuan guru, sikap
menghargai seperti mendengar instruksi dan arahan guru 3) dari observasi
pertama sampai observasi ketiga mengalami perubahan dan perkembangan sangat
baik terhadap sikap kreatifnya. Dibuktikan dengan hasil ceklist observasi pada
indikator memiliki rasa ingin tahu berada pada berkembang sangat baik (BSB),
memiliki daya imajinatif berada pada berkembang sangat baik (BSB), memiliki
sikap tertantang oleh kemajemukan berada pada berkembang sesuai harapan
(BSH), memiliki sikap kemandirian berada pada berkembang sangat baik (BSB),
memiliki sikap menghargai berada pada berkembang sesuai harapan (BSH). Maka
perkembangan sikap kreatif anak di RA Perwanida Ngrandu melalui media
Playdough sudah tercapai dengan optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Yuli Salis Hijriyani |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 03:06 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 03:06 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30625 |
Actions (login required)
View Item |