Thoyibah, Maulidina Yuniatu (2022) Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini pada Pembelajaran Matematika di RA Muslimat NU 071 Trisono Babadan Ponorgo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
205180046_MAULIDINA YUNIATU THOYIBAH_PIAUD.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan kognitif adalah kemampuan yang dimiliki oleh anak untuk berfikir lebih
kompleks serta kemampuan penalaran dan pemecahan masalah. Di RA Muslimat NU 071
Trisono Babadan Ponorogo peneliti menemukan permasalahan kognitif anak pada pembelajaran
matematika, seperti anak yang belum bisa menyebutkan dan menulis angka dengan runtut,
membilang gambar dan benda dengan tepat, serta mengerjakan atau menyelesaikan operasi
penjumlahan dan pengurangan 1-10. Untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini
pada pembelajaran matematika maka perlu adanya peran seorang guru. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan (1) penerapan pembelajaran matematika anak usia dini di RA Muslimat
NU 071 Trisono Babadan Ponorogo, (2) kemampuan kognitif anak usia dini pada pembelajaran
matematika di RA Musimat NU 071 Trisono Babadan Ponorogo, dan (3) peran guru dalam
meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini pada pembelajaran matematika di RA
Muslimat NU 071 Trisono Babadan Ponorogo
Penelitian ini menggunakan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi,
wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah dengan
menggunakan teknik Milles Hiberman melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan dari penelitian.
Adapun hasil penelitian ini adalah (1) penerapan pembelajaran matematika di RA
Muslimat NU 071 Trisono di terapkan melalui model bermain sambil belajar. Bentuk kegiatan
pada pembelajaran matematika mengacu pada Permendikbud 137 Tahun 2014 dalam lingkup
perkembangan kognitif, diantaranya kegiatan mengklasifikasikan, mencocokkan, mengurutkan,
membandingkan, membilang, dan mengenalkan pola; (2) kemampuan kognitif anak kelompok B
pada pembelajaran matematika di RA Muslimat NU 071 Trisono Babadan Ponorogo mayoritas
pada kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Hal ini ditujukan dengan rata-rata anak
mampu menyebutkan dan menulis urutan bilangan 1-10, membilang banyak gambar dan benda,
operasi penjumlahan dan pengurangan 1-10; (3) peran guru dalam meningkatkan kemampuan
kognitif anak usia dini pada pembelajaran matematika di RA Muslimat NU 071 Trisono Babadan
Ponorogo terdiri dari tiga peran yaitu: sebagai pengajar yaitu guru berupaya merencanakan dan
melaksanakan kegiatan yang menarik pada pembelajaran matematika dan menilai hasil belajar.
Sebagai pelatih guru berupaya memberikan latihan seperti latihan menghitung dengan jari dan
menyebutkan angka terus dilakukan secara konsisten agar anak dapat memahami dan
mengingatnya. Kemudian sebagai pembimbing guru berusaha mendampingi anak dalam proses
pembelajaran khususnya anak yang mengalami kesulitan belajar, kemudian memberikan
komentar, motivasi dan apresiasi atau hadiah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Tirta Dimas Wahyu Negara |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 02:57 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 02:57 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30622 |
Actions (login required)
View Item |