Adab Menuntut Ilmu Perspektif Kitab Alala Karya Syekh Az-Zarnuji dan Relevansinya dengan Pembentukan Budaya Literasi Di Pondok Pesantren

Wardani, Yunia Ayu (2024) Adab Menuntut Ilmu Perspektif Kitab Alala Karya Syekh Az-Zarnuji dan Relevansinya dengan Pembentukan Budaya Literasi Di Pondok Pesantren. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ETHESIS_201200202_YUNIA RAHMA AYU WARDANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Adab Menuntut Ilmu, Nadhom Alala, Pembentukan Budaya Literasi
Kemajuan teknologi dan komunikasi memudahkan bagi kalangan pondok pesantren untuk mengakses sumber belajar atau literatur-literatur keislaman secara mudah dan murah. Padahal pondok pesantren adalah pendidikan dan pengajaran islam tradisional yang menekankan pembentukan moral santri melalui bimbingan kiyai dan menjadikan kitab kuning sebagai sumber primernya. Akibatnya banyak santri yang memilih penjelasan internet sebagai sumber informasi yang lebih mudah dipahami dibandingkan melakukan literasi terhadap kajian teks (kitab kuning) secara langsung dalam majlis ilmu yang ada. Sehingga ini menjadi masalah serius karena bersangkutan dengan permasalahan adab dalam menuntut ilmu jika tidak di tindak lanjuti akan dapat menghilangkan kemanfaatan ilmunya. untuk mengatasi masalah ini, perlu adanya edukasi mengenai adab menuntut ilmu bagi santri salah satunya denga\n telaah kitab Alala karya Syekh Az-Zarnuji dan merelevansikan dengan pembentukan budaya literasi di Pondok Pesantren.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Memaparkan konsep adab menuntut ilmu persepektif kitab Alala karya Syekh Az-Zarnuji (2) Menganalisis relevansi adab menuntut ilmu persepektif kitab Alala karya Syekh Az-Zarnuji pada pembentukan budaya literasi di Pondok Pesantren.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer adalah kitab Alala, sedangkan sumber data sekunder diambil dari buku-buku, jurnal, dan artikel lainnya yang bersangkutan dan relevan dengan penelitian. Adapun teknis analisis data menggunakan metode content analysis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Konsep adab menuntut ilmu persepektif kitab Alala karya syekh Az-Zarnuji terklasifikasikan dalam: Syarat-Syarat Menuntut Ilmu, Mencari Teman, Anjuran Mencari Ilmu, Keutamaan Ilmu Fikih, Kerusakan dari Orang yang Berilmu, Berupaya Menggapai Cita-Cita, Orang yang Berilmu Lebih Bisa Menjaga Diri Sendiri, Orang yang Berilmu Hidup Selamanya, Mulia Harapan Semua Orang, Mengutamakan Guru dari Yang Lain Meraih Kemuliaan, Menghadapi Orang Lain, Perintah Merantau untuk Mencari Ilmu. (2) Beberapa nadhom Adab menuntut ilmu dalam persepektif kitab Alala masih sangat relevan dengan pembentukan budaya literasi santri di Pondok Pesantren. Diantaranya adalah nadhom-nadhom yang bertema: syarat-syarat menuntut ilmu dengan berupaya menggapai cita-cita, menjaga ilmu, mengutamakan guru dari yang lain, orang yang berilmu lebih bisa menjaga diri, terakhir nadhom tentang kerusakan dari orang yang berilmu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Nov 2024 06:36
Last Modified: 29 Nov 2024 06:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30614

Actions (login required)

View Item View Item