Nikmah, Ilahiyatun (2022) Strategi Program Peminatan Kelas Tahfidz dalam Membangun Citra Sekolah (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
206180102_Ilahiyatun Nikmah_Manajemen Pendidikan Islam.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Citra sekolah menjadi salah satu aspek utama yang
selalu menjadi perhatian orang tua atau masyarakat dalam
memilih lembaga pendidikan yang akan menjadi tempat
anaknya dalam menimba ilmu. Namun, masih banyak
sekolah yang tidak terlalu menaruh perhatian terhadap
pentingnya citra sekolah dalam kemajuan sekolah, yang pada
akhirnya hal ini akan berdampak pada perkembangan sekolah
dari tahun ke tahun yang secara perlahan akan mengalami
kemunduran. Program peminatan di suatu lembaga
pendidikan menjadi salah satu faktor yang dapat digunakan
sebagai alat untuk membangun citra sekolah serta untuk
menarik minat, kesan dan kepercayaan orangtua dan
masyarakat. Keberadaan program peminatan juga menjadi
nilai plus bagi peserta didik untuk bersekolah di sekolah
tersebut. Dalam upaya membangun citra sekolah, diperlukan
adanya perencanaan strategi yang matang oleh sekolah
dengan melibatkan seluruh warga sekolah untuk ikut serta
dalam membangun dan memajukan sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
perencanaan program peminatan kelas tahfidz sebagai
strategi dalam membangun citra sekolah di SMAiii
Muhammadiyah 1 Ponorogo, implementasi program
peminatan kelas tahfidz sebagai strategi dalam membangun
citra sekolah di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo dan untuk
mengetahui evaluasi program peminatan kelas tahfidz
sebagai strategi dalam membangun citra sekolah di SMA
Muhammadiyah 1 Ponorogo.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus
yang dilakukan dengan terjun ke lapangan secara langsung.
Pada penelitian yang berlangsung di SMA Muhammadiyah 1
Ponorogo ini menggunakan pendekatakan kualitatif dengan
menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis
maupun lisan dari subjek yang diamati. Teknik
penggumpulan data pada penelitian ini menggunakan
wawancara, observasi serta dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan
oleh peneliti, diketahui bahwa perencanaan program kelas
tahfidz sebagai strategi dalam membangun citra sekolah
SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo yaitu dilaksanakan
bersama-sama melalui rapat berkala yang diikuti oleh baik
pihak internal sekolah maupun pihak eksternal sekolah.
Implementasi program kelas tahfidz sebagai strategi dalam
membangun citra sekolah SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo
dimulai dengan membentuk struktur organisasi serta
membangun dan mengembangkan komunikasi yang efektif
antara kepala sekolah dengan pendidik melalui rapat
pembinaan bagi pendidik dan tenaga kependidikan secara
berkala. Sedangkan, evaluasi program kelas tahfidz sebagai
strategi dalam membangun citra sekolah SMA
Muhammadiyah 1 Ponorogo dilaksanakan bersama dengan
pihak pondok mitra. Evaluasi program kelas tahfidz
dilaksanakan dengan mengacu pada beberapa aspek yang
dijadikan indikator evaluasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ahmadi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 02:33 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 02:33 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30611 |
Actions (login required)
View Item |