Wahida, Erra Mastura Dewi (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Efektivitas Metode Role Playing dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN 1 Sumoroto Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
203190234_Erra Mastura Dewi Wahida_PGMI.pdf Download (953kB) | Preview |
Abstract
Wahida, Erra Mastura Dewi. 2024. Efektivitas Metode Role Playing dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN 1 Sumoroto Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Lukman Hakim, M.Pd.
Kata Kunci: Metode Role Playing, keterampilan berbicara, Bahasa Indonesia.
Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar bertujuan meningkatkan kemampuan berbicara, menulis, dan membaca. Namun, banyak siswa yang masih kesulitan, terutama dalam berbicara di depan kelas akibat metode pembelajaran ceramah yang kurang menarik. Terutama pada keterampilan berbicara yang selama ini dilakukan hanya sebatas bertanya jawab dengan siswa. Hasil observasi di SDN 1 Sumoroto Ponorogo menunjukkan ternyata masih rendah untuk keterampilan berbahasa lebih tepatnya pada keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penerapan metode Role Playing dirasa dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan melatih imajinasi dan interaksi serta komunikasi antar siswa. Namun, kurangnya latihan berbicara menyebabkan siswa kurang percaya diri dan sulit berkomunikasi. Jika keterampilan berbicara tidak diasah, komunikasi antara siswa dan guru akan terhambat, dan tujuan pembelajaran tidak tercapai.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan metode Role Playing pada siswa kelas IV SDN 1 Sumoroto, (2) mengetahui keefektifan metode bermain peran (Role Playing) terhadap aspek keterampilan berbicara siswa kelas IV di SDN 1 Sumoroto.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini ialah siswa kelas IV SDN 1 Sumoroto Ponorogo dengan kelas eksperimen kelas IV Dewantara berjumlah 23 siswa dan kelas kontrol kelas IV Kartini berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data ialah menggunakan tes dan juga observasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis statstik non parametrik yaitu uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney.
Hasil penelitian ini adalah (1) Aktivitas siswa terhadap model pembelajaran Role Playing memperoleh kategori sangat tinggi dengan hasil rata-rata 87% para siswa dapat lebih memahami konteks penggunaan bahasa dalam situasi komunikatif yang berbeda. Siswa yang terlibat dalam kegiatan role playing menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam minat mereka terhadap pembelajaran Bahasa terutama Bahasa Indonesia. (2) Penggunaan metode role playing dalam pembelajaran keterampilan berbicara di kelas IV SDN 1 Sumoroto Ponorogo efektif. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan ketuntasan hasil tes siswa dari 24% menjadi 100% di kelas eksperimen, dibandingkan dengan peningkatan dari 17% menjadi 91% di kelas kontrol yang menggunakan metode. Uji Mann-Whitney menunjukkan perbedaan signifikan dalam keterampilan berbicara antara kedua kelompok, dan uji Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan bahwa metode role playing secara signifikan lebih efektif dibandingkan metode ceramah, dengan nilai p yang sangat kecil (0,00).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Lukman Hakim |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 02:52 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 02:53 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30610 |
Actions (login required)
View Item |