Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kesiapan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran Aqidah Akhlak di MA Ma’arif Al Mukarrom Kauman Sumoroto Ponorogo Tahun Ajaran 2024/2025

Muawanah, Afifah Shobihatul (2024) Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kesiapan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran Aqidah Akhlak di MA Ma’arif Al Mukarrom Kauman Sumoroto Ponorogo Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AFIFAH SHOBIHATUL MUAWANAH 201200215 ETHESIS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar merupakan capaian akhir peserta didik yang dapat diamati setelah melawati proses belajar. Prestasi dan proses belajar adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan karena prestasi merupakan hasil akhir dari proses belajar. Tidak terjadinya proses belajar akan berdampak tidak diperolehnya hasil belajar. Proses belajar yang kurang baik juga menyebabkan perolehan prestasi yang rendah. Berhasil tidaknya prestasi belajar siswa banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Di samping proses belajar, faktor lingkungan keluarga dan kesiapan belajar peserta didik ikut berkontribusi dalam pencapaian prestasi belajar. Prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Ma’arif Al Mukarrom di tahun ajaran 2020/2021 menunjukkan 10 % dari 167 siswa yang berprestasi kurang baik. Hal ini dimungkinkan rendahnya dukungan lingkungan keluarga dan kurangnya kesiapan siswa dalam setiap proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan (1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran aqidah akhlak di MA Ma’arif Al Mukarrom Kauman Sumoroto Ponorogo. (2) pengaruh kesiapan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran aqidah akhlak di MA Ma’arif Al Mukarrom Kauman Sumaroto. (3) pengaruh antara lingkungan keluarga dan kesiapan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran aqidah akhlak di MA Ma’arif Al Mukarrom Kauman Sumoroto.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif. Populasi berjumlah 167 siswa dan semua dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan berganda.
Hasil menunjukkan: (1) Ada pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa MA Ma’arif Al Mukarrom sebesar 7,1% dan 92,9% dipengaruhi oleh faktor yang lain. (2) Ada pengaruh yang signifikan kesiapan belajar terhadap prestasi belajar siswa MA Ma’arif Al Mukarrom sebesar 11,3% dan 88,7% dipengaruhi oleh faktor yang lain. (3) Ada pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga dan kesiapan belajar terhadap prestasi belajar siswa MA Ma’arif Al Mukarrom sebesar 11,6% dan 88,4% dipengaruhi oleh faktor yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju'Subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Nov 2024 02:42
Last Modified: 29 Nov 2024 02:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30605

Actions (login required)

View Item View Item