Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural dalam Membina Karakter Sosial Santri di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo

Ardiansyah, Dedi (2024) Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural dalam Membina Karakter Sosial Santri di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
505220008_DEDI ARDIANSYAH_MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

INTERNALISASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER SOSIAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL HUDA MAYAK PONOROGO

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh problematika yang terjadi pada generasi muda di Indonesia saat ini, melalui informasi yang ada di berbagai media maSsa banyak ditemukan perilaku generasi muda yang memprihatinkan, yaitu tindakan tawuran, balapan liar, berbuat keonaran di masyarakat dan masih banyak pErilaku negatif yang lain, tentu perbuatan yang dilakukan oleh generasi muda tersebut sangat meresahkan bagi masyarakat. Generasi muda yang seharusnya berperan dalam membangun peradaban bangsa yang unggul, malah menjadi beban bahkan penghambat di dalamnya. Perilaku negatif yang dilakukan generasi muda, berlawanan dengan idealis karakter sosial, seharusnya generasi muda sebagai kaum berpendidikan menerapkan dan memiliki karakter sosial yang baik, seperti rasa peduli, empati, menghormati orang lain dan menjaga kedamaian di masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kegiatan yang dilakukan dalam membina karakter sosial santri di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo, menjelaskan bagaimana kegiatan tersebut dilaksanakan dan menjelaskan implikasi dari pelaksanaan kegiatan pembinaan karakter sosial tersebut. Sehingga hasil dari penelitian ini bisa menjadi solusi, inspirasi dan acuan dalam mengatasi problematika yang terjadi pada skala umum.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi, teknik analisis data dilakukan melalui wawancara, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian dipilih secara purposive, melibatkan santri, pengajar, dan pengelola pondok pesantren.
Dari penelitian ini telah ditemukan tiga temuan. Pertama, kegiatan yang dilakukan dalam membina karakter sosial santri dengan internalisasi nilai-nilai multikultural dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu transformasi, transaksi dan transinternalisasi nilai. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya kegiatan orientasi pengenalan studi pondok (ORSPON), pembelajaran kitab akhlaq lil banin, dan kategorisasi asrama. Kedua, internalisasi nilai-nilai multikultural dilakukan dengan penguatan nilai toleransi, kerukunan, kesetaraan, inklusif dan tolong menolong, hal tersebut dilakukan dengan pembelajaran kitab Al-Akhlāq lil-Banīn , kegiatan sosial yang melibatkan kerjasama antar asrama, serta pembentukan sikap toleransi melalui kegiatan orientasi pengenalan studi pondok (ORSPON). Ketiga, implikasi dari pelaksanaan pembinaan karakter sosial santri berdampak positif bagi para santri, yaitu meningkatnya karakter toleransi, kerukunan dan tolong menolong sesama santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Basuki Ju' Subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Nov 2024 01:38
Last Modified: 29 Nov 2024 03:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30595

Actions (login required)

View Item View Item