Indah, Iik Nalurita (2024) Strategi Promosi Laleeya Skincare Ponorogo Melalui Konten Visual Di Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
401200221_Iik Nalurita Indah_Ekonomi Syariah.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Iik Nalurita Indah. Strategi Promosi Laleeya Skincare Ponorogo Melalui Konten Visual Di Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan. Skripsi. 2024. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Luhur Prasetiyo, S. Ag., M.E.I.
Kata Kunci: Promosi, Konten, Media Sosial, Penjualan
Media sosial menjadi alat yang sangat efektif untuk mempromosikan produk dan layanan pada suatu perusahaan. Konten visual memainkan peran yang sangat penting dalam pemasaran sebagai strategi promosi melalui media sosial. Memaksimalkan promosi melalui konten visual di media sosial efektif dalam menarik perhatian konsumen. Konten visual telah terbukti meningkatkan keterlibatan di seluruh platfrom media sosial. Konten visual yang baik dapat membentuk persepsi konsumen yang baik pula. Namun di era seperti ini masih banyak juga pebisnis yang belum mampu sepenuhnya memanfaatkan potensi media sosial sebagai media promosi untuk pertumbuhan bisnis mereka. Meskipun media sosial memiliki potensi yang besar, optimalisasi penggunaannya sebagai alat promosi masih memerlukan banyak pengetahuan, sumber daya dan strategi yang tepat. Laleeya Skincare Ponorogo merupakan store Skincare Ponorogo yang berhasil menggunakan media sosial sebagai media promosi dilihat dari interaksinya yang tinggi pada akun media sosial yang digunakan.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana strategi promosi Laleeya Skincare Ponorogo melalui konten visual di media sosial ditinjau dari ekonomi Islam dan mengetahui bagaimana dampak strategi promosi yang di terapkan Laleeya Skincare Ponorogo melalui konten visual di media sosial terhadap penjualan.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu dengan metode penelitian lapangan atau field research. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang mana prosedur penelitiannya menghasilkan data deskriptif, yang berupa data-data tertulis atau lisan dari orang-orang dan penelitian yang diamati. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang digunakan Laleeya Skincare Ponorogo merupakan internet marketing dimana menggunakan media sosial Instagram dan Tik tok sebagai media promosi dengan konten visual. Dimana memperhatiakan aspek-aspek yakni produk, harga dan kualitas konten. Konten visual promosi dibuat dengan memperhatikan komponen konten visual dan berbagai jenis konten yang inovatif. Promosi dilakukan dengan tahapan-tahapan monitoring, merespon, riset dan kampanye pemasaran. Ditinjau dari ekonomi Islam kegiatan promosi yang dilakuakan wajar dan beretika serta sesuai dengan prinsip pemasaran syariah yang mana sesuai dengan cara Rasulullah dalam menjalankan bisnis yang menjadi kunci keberhasilan atau Key Succes Factors (KSF). Strategi yang digunakan berdampak positif terhadap persepsi konsumen dan meningkatkan penjualan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Luhur Prasetiyo |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 01:36 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 01:36 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30593 |
Actions (login required)
View Item |