Materi Akhlak dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim Karya Syekh Zarnuji dan Relevansinya dengan Bahan Ajar Aqidah Akhlak Kelas XII Madrasah Aliyah.

SAHRONI, SAHRONI (2024) Materi Akhlak dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim Karya Syekh Zarnuji dan Relevansinya dengan Bahan Ajar Aqidah Akhlak Kelas XII Madrasah Aliyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Sahroni, 201200179, PAI .pdf

Download (871kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kecenderungan buku paket Akidah Akhlak Kelas XII Madrasah Aliyah yang ringkas dan kurang mendalam. Selain itu buku paket juga dirancang sebagai bahan penunjang belajar yang berfokus pada latihan soal dan tugas sehingga penjelasan secara teoritis yang mendalam berkurang. Maka perlu melengkapi materi akidah akhlak kelas XII Madrasah Aliyah ditambahkan materi dari kitab Ta’lim al-Muta’allim sebagai bahan ajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) materi ahklak dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim karya Syekh Burhanuddin az-Zarnuji (2) menjelaskan bagaimana relevansi materi akhlak dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim karya syekh Burhanuddin az-Zarnuji dengan materi akidah akhlak kelas XII madrasah Aliyah sehingga dapat menjadi tambahan bahan ajar pada pembelajaran Akidah Akhlak.
Jenis penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. sumber data primer dalam penelitian ini adalah kitab Ta’lim al-Muta’allim karya Syekh Burhanuddin az-Zarnuji. Teknik pengumpulan data melalui teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis isi atau content anaylisis.
Penelitian ini menghasilkan dua temuan: (1) Materi akhlak dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim, pertama al-jiddu (Kerja Keras) yang meliputi kesungguhan dan ketekunan dalam belajar, konsisten dan berkelanjutan dalam belajar, mengutamakan ilmu atas kenikmatan duniawi, kesabaran dalam menghadapi kesulitan saat belajar, disiplin dan teratur dalam belajar dan kesungguhan dari 3 pilar utama yaitu kesungguhan seorang pelajar, guru dan walimurid. Kedua, al-himmah (Optimis) yang meliputi niat ikhlas karena Allah Swt, berorientasi pada kemaslahatan umat, mengutamakan akhlak mulia, menghindari kesombongan dan mempunyai planing untuk mewujudkan cita-cita. (2) Terdapat kesesusain dengan bahan ajar Akidah Akhlak Kelas XII Semester genap pada 4 aspek: pertama, Keluasan bahasan dimana materi yang disampaikan dalam kitab Ta’li>m al-Muta’allim lebih kompleks dan berkesinambungan. Kedua, kedalaman isi dimana kitab Ta’li>m al-Muta’allim dalam menyampaikan isi lebih detail dan terperinci. Ketiga, sesuai kebutuhan guru dimana problem yang dihadapi guru adalah keterbatasan bahan ajar yang terpaku dengan buku paket sehingga adanya kitab Ta’li>m al-Muta’allim menjadi solusi tambahan materi untuk akidah akhlak. Keempat, sesuai dengan kebutuhan kelas XII dan Gen Z dimana tantangan yang dihadapi berupa demoralisasi sehingga kitab Ta’lim al-Muta’allim memberikan pemahaman yang mendalam tentang akhlak dengan dikemas secara menarik dan terintegrasi mengingat gen Z tumbuh diera teknologi dan informasi cepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MAMBAUL NGADHIMAH
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Nov 2024 01:16
Last Modified: 29 Nov 2024 01:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30586

Actions (login required)

View Item View Item