Husna,, Annisa' Fahimatul (2024) Pelaksanaan Gerakan Furudu Al-'Ainiyah (GEFA) Dalam Membentuk Karakter Religius Dan Akhlak Mulia Peserta Didik Kelas XI MAN 4 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200022_ANNISA' FAHIMATUL HUSNA_Pendidikan Agama Islam.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan globalisasi yang terjadi membawa perubahan dunia, salah satunya dunia pendidikan dimana peserta dituntut tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan saja tetapi dituntut memiliki karakter religius dan akhlak mulia yang baik. Namun karakter religius dan akhlak mulia pada zaman sekarang menjadi permasalahan bagi lembaga pendidikan. Salah satunya yang disebabkan globalisasi yaitu kurangnya sikap disiplin ibadah, kurangnya sikap patuh terhadap ajaran agama, dan kurangnya sikap sopan santun terhadap guru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut MAN 4 Madiun menerapkan Gerakan Furudu Al-'Ainiyah yaitu bentuk kegiatan pembiasaan keagamaan yang bertujuan membentuk karakter religius dan akhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan Furudu Al-'Ainiyah dalam membentuk karakter religius; (2) penerapan Furudu Al-'Ainiyah dalam membenuk akhlak mulia; (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter religius dan akhlak mulia. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif (qualitative research) dan jenis penelitian studi kasus. Adapun sumber data primernya yakni kepala madrasah, guru al-Qur'an hadits,fikih, aqidah akhlak, dan peserta didik kelas XI, sedangkan sumber data sekundernya adalah dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Miles dan Huberman dengan langkah-langkah melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Gerakan Furudu Al-'Ainiyah dalam membentuk karakter religius kelas XI di MAN 4 Madiun dalam meningkatkan disiplin ibadah antara lain setiap pagi dibiasakan melantunkan Asmaul Husna, Sholawat Nariyah, membaca dan menghafalkan al-Qur'an, serta mempratikkan Thaharah. Dan Sholat jenazah. Peningkatan patuh ajaran agama melalui pembiaasaan Sholat berjamaah, antara lain Sholat Duha, Sholat zuhur, dan Sholat ashar. (2) Penerapan Gerakan Furudu Al-'Ainiyah dalam membentuk akhlak mulia salah satunya dalam membentuk sikap sopan santun terhadap guru dilakukan melalui pembiasaan berjabat tangan untuk mempererat silaturahmi, Jum'at Amal untuk menanamkan rasa ikhlas dan tolong menolong, Jum'at berkah dilakukan untuk menanamkan sikap kepedulian dengan sesama manusia; (3) Faktor pendukung pembentukkan karakter religius dan akhlak mulia yaitu guru ikut mengawasi kegiatan tersebut sekaligus mengevaluasi menjelang akhir semester, banyaknya antusias peserta didik dalam kegiatan tersebut, disediakannya al-Qur'an dan buku Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakhul Karimah (SKUA. Sedangkan faktor pendukung pembentukkan akhlak mulia yaitu adanya keinginan dan kemauan peserta didik untuk belajar memperbaiki diri, dan lingkungan keluarga yang memberikan contoh yang baik terhadap peserta didik. Faktor penghambat karakter religius dan akhlak mulia yaitu adanya rasa malas dan lingkungan teman sebaya yang kurang mendukung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Zeni Murtafiati Mizani |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 01:14 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 01:14 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30585 |
Actions (login required)
View Item |