PELAKSANAAN PROGRAM ADIWIYATA BERBASIS 3R (REDUCE, REUSE, RECYCLE) DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA SMPN 6 PONOROGO

Nikmah, Rosita (2024) PELAKSANAAN PROGRAM ADIWIYATA BERBASIS 3R (REDUCE, REUSE, RECYCLE) DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA SMPN 6 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ETHESIS ROSITA MUFIDATUN NIKMAH 208200086-.pdf

Download (766kB) | Preview

Abstract

Nikmah mufida, rosita. 2024. Pelaksanaan Program
Adiwiyata Berbasis 3R(Reduce, Reuse, Recycle) dalam
Mengembangkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa
SMPN 6Ponorogo. Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu
Pengetahuan Sosial Fakultas dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Nastiti
Mufidah,M.Pd.
Katakunci:Program Adiwiyata, 3R, Karakter Peduli
Lingkungan
Program adiwiyata merupakan program yang berisi
kebijakan tentang sekolah berwawasan lingkungan yang
dituangkan dalam bentuk peraturan Menteri Lingkungan Hidup
No. 5 Tahun 2013 tetang pedoman pelaksanaan Adiwiyata.
Program adiwiyata bertujuan membentuk karakter manusia yang
berwawasan lingkungan. Siswa kurang memahami pentingnya
menjaga lingkungan sekolah, siswa masih sering membuang
sampah tidak pada tempatnya. Program adiwiyata akan
memberikan kontribusi dalam pembentukan karakter peduli
lingkungan siswa.
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui
(1) perencanaan program adiwiyata berbasis 3R (reduce, reuse,
recycle) dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan
siwa SMPN 6 ponorogo; (2) implementasi program adiwiyata
berbasis 3R ( reduce, reuse, recycle) dalam mengembangkan
karakter peduli lingkungan siswa SAMPN 6 ponorogo. (3)
faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan program
adiwiyata berbasis 3R (reduce, reuse, recycle) dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan siswa SMPN 6
ponoprogo.
Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif dan jenis pendekatan penelitian ini adalah studi kasus.
Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Sedangkan analisisnya peneliti menggunakan
empat langkah analisis data milik Miles hubermen dan Saldana
yaitu : pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data,
penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data ditemukan
bahwa hasil penelitian menunjukan bahwa proses penelitian
yang peneliti temui di SMPN 6 Ponorogo menghasilkan
beberapa hasil yang diantaranya yaitu : (1) perencancanaan
peogram adiwiyata berbasis 3R di SMPN 6 Ponorogo yaitu
adanya pengelolaan sampah plastik dengan prinsip 3R sebagai
sarana edukasi,dan perubahan perilaku dalam pengelolaan
sampah. Adapun kegiatanya berupa membuat kerajinan dari
sampah plastik, membuat pupuk kompos dari daun-daunan
kering, selain itu peogram adiwiyata yang ada di SMPN
6Ponorogo juga berkambang pada pembudidayaan ikan dan
tanaman toga. (2) implementasi dari adanya program adiwiyata
berbasis 3R dengan pengembangan karakter peduli lingkungan
siwa SMPN 6 ponorogo yaitu akibatnya siswa menjadi lebih
bisa memahami tentang pentingnya menjaga kelestarian
lingkungan sekolah, khusus pada pengelolaan sampah plstiknya.
Dengan cara lebih memasukkan memberikan materi adiwiyata
berbasis 3R dalam setiap mata pelajaran khususnya pada
pelajaran P5.; (3) faktor pendorong dan penghambat dari
perogram adiwiyata berbasis 3r di SMPN 6 Ponorogo yaitu pada
kurangnya kesadaran siswanya terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nastiti mufidah, M.Pd
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Nov 2024 01:06
Last Modified: 29 Nov 2024 01:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30581

Actions (login required)

View Item View Item