Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas VII melalui Kegiatan Keagamaan di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo

Nirmalasari, Silfia Ananta Listya (2024) Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas VII melalui Kegiatan Keagamaan di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WATERMARK_SILFIA ANANTA LISTYA NIRMALASARI_201200396.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ananta, Silfia Listya Nirmalasari. 2024. Upaya Guru dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas VII melalui Kegiatan Keagamaan di Smp Negeri 1 Siman.Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dra. Aries Fitriani, M.Pd.
Kata Kunci: Peran Guru, Karakter Religius, Kegiatan Keagamaan
Di era digital saat ini, pentingnya pengembangan karakter menjadi krusial, terutama di lingkungan pendidikan, untuk mencegah terjadinya degradasi moral seperti pembullyan dan perilaku tidak sopan. Nilai religiusitas berperan penting dalam pendidikan karakter, mencakup aspek moral dan perilaku yang mengarah pada akhlakul karimah. Pembentukan karakter ini melibatkan berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Dengan penerapan program keagamaan rutin seperti mengaji dan sholat berjamaah, SMPN 1 Siman berupaya membangun pribadi siswa yang beriman dan bertakwa.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui strategi guru dalam membentuk karakter religius siswa kelas VII melalui kegiatan keagamaan, 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membentuk karakter reigius siswa kelas VII melalui kegiatan keagamaan di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk memahami strategi guru dalam membentuk karakter religius siswa kelas VII melalui kegiatan keagamaan di SMPN 1 Siman. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan fokus pada aktivitas keagamaan, strategi pembentukan karakter, serta faktor pendukung dan penghambat dalam proses tersebut. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi tiga tahapan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Strategi guru dalam membentuk karakter religius siswa kelas VII melalui kegiatan keagamaan di SMPN 1 Siman terfokus pada pembiasaan yang konsisten, seperti salat berjamaah, program tartil/tahfidz, dan kegiatan keagamaan lainnya serta peran aktif guru dalam keseluruhan proses penguatan karakter religius siswanya. Dalam kegiatan pembiasaan tersebut guru berperan sebagai pendidik/pengajar penguatan karakter religius, sebagai pendorong, pemberi motivasi, suri tauladan serta pengarah bagi siswa 2) Faktor pendukung meliputi dukungan dari seluruh pihak sekolah, fasilitas ibadah, dan kedisiplinan sistem sekolah, serta faktor penghambat, seperti ketidakdisiplinan siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan, kurangnya ketertiban, kurangnya dukungan serta pengawasan dari orang tua dan kurangnya konsistensi dalam praktik harian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aries Fitriani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Nov 2024 01:02
Last Modified: 29 Nov 2024 01:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30578

Actions (login required)

View Item View Item