Pengaruh Pemberian Stempel Karakter sebagai Reward dalam Menstimulasi Motivasi Belajar Anak Usia Dini di RA Muslimat NU 088 Lengkong Ponorogo

Rusmilawati, Novi (2024) Pengaruh Pemberian Stempel Karakter sebagai Reward dalam Menstimulasi Motivasi Belajar Anak Usia Dini di RA Muslimat NU 088 Lengkong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
205200024_Novi Rusmilawati_Piaud.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rusmilawati, Novi. 2024. Pengaruh Pemberian Stempel Karakter sebagai Reward dalam Menstimulasi Motivasi Belajar Anak Usia Dini di RA Muslimat NU 088 Lengkong Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Weni Tria Anugrah Putri, M.Pd.

Kata Kunci : Stempel Karakter, Reward, Motivasi Belajar

Perihal belajar anak usia dini memiliki karakteristik yang kerap “moody”, kadang anak bersemangat untuk sekolah terkadang pula malas. Oleh karena itu, bisa diketahui jika motivasi belajar anak usia dini masih memerlukan dorongan dalam mestimulasinya. Upaya dalam menstimulasi motivasi belajar anak yakni bisa menggunakan reward, salah satu bentuk reward yang dapat digunakan adalah dengan memberikan reward berupa stempel karakter.
Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian stempel karakter sebagai reward terhadap motivasi belajar anak usia dini di RA Muslimat NU 088 Lengkong Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kuantitatif jenis penelitian eksperimen dengan model penelitian pre-experimental design. Teknik analisis datanya menggunakan uji paired sample t test. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampel jenuh yakni sebanyak 15 anak.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) Nilai rata-rata motivasi belajar siswa yang diberikan stempel karakter sebagai reward yaitu 42,33. 2) Nilai rata-rata motivasi belajar siswa yang tidak diberikan stempel karakter sebagai reward yaitu 39,6. 3) Terdapat pengaruh dalam pemberian stempel karakter sebagai reward dalam menstimulasi motivasi belajar anak usia dini. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya nilai signifikan 0,00. Karena 0,00 ≤ 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar anak setelah diberikan treatment atau perlakuan berupa stempel karakter sebagai reward.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Weni Tria Anugrah Putri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Nov 2024 01:01
Last Modified: 29 Nov 2024 01:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30575

Actions (login required)

View Item View Item