Zuhriyyah, Rohmatin Munirotuz. (2022) Pengaruh Model Direct Instruction Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Math) Terhadap Kemampuan Berpikir Rasional Siswa Kelas VII SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI_207180053_ROHMATIN MUNIROTUZ ZUHRIYYAH.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Berbagai upaya dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan nyata
terutama pada pembelajaran IPA dengan menerapkan kemampuan berpikir rasional. Salah satu
strategi untuk memecahkan masalah secara masuk akal dan rasional siswa dengan menggunakan
model Direct Instruction berbasis STEM.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) keterlaksanaan pembelajaran dengan model
direct instruction berbasis STEM, (2) pengaruh model pembelajaran direct Instruction berbasis
STEM terhadap kemampuan berpikir rasional siswa SMP Ma’arif 1 Ponorogo, dan (3) faktor-
faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir rasional siswa SMP Ma’arif 1 Ponorogo
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan quasi experimental. Adapun desain penelitian
ini menggunakan posttest-only control design.. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas
VII SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Sampel penelitian ini dipilih secara random, kelas VII B sebagai
kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji-t
berbantuan software Minitab 19.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan model pembelajaran direct
instruction berbasis STEM berjalan dengan baik dan sesuai dengan tahapan pada setiap fasenya,
(2) data kemampuan berpikir rasional siswa SMP Ma’arif 1 Ponorogo berdistribusi normal dan
homogen. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai P-Value yang diperoleh sebesar 0,044 dan kurang
dari 0,05 sehingga H0 ditolak, hal ini berarti terdapat perbedaan kemampuan berpikir rasional
siswa pada kelas eksperimen yang lebih baik daripada siswa pada kelas kontrol. Dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran direct instruction berbasis STEM efektif untuk meningkatkan
kemampuan berpikir rasional siswa, dan (3) faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir
rasional peserta didik dibedakan menjadi dua yaitu faktor internal meliputi minat peserta didik
dalam kegiatan pembelajaran, motivasi peserta didik, rasa ingin tahu serta antusiasme peserta didik
untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, dan faktor eksternal meliputi sarana yang memadai untuk
mengasah kemampuan berpikir rasional peserta didik, serta penerapan model pembelajaran yang
diterapkan oleh guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Sofwan Hadi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 08:19 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 08:19 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30565 |
Actions (login required)
View Item |