Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK Muslimat NU Magetan

Khoirunnisa, Lutfiah (2022) Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK Muslimat NU Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
205180041_LUTFIYAH KHOIRUNNISA_PIAUD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendekatan saintifik merupakan pendekatan yang mengembangkan pengetahuan
berpikir ilmiah anak yang menuju pada salah satu ranah aspek kemampuan kognitif. Di
TK Muslimat NU Magetan peserta didik termasuk banyak dan ada beberapa yang
mengalami keterlambatan kemampuan kognitif sehingga untuk membantu peserta didik
dari pihak sekolah menerapkan pembelajaran melalui pendekatan saintifik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui langkah pendekatan saintifik
di TK Muslimat NU Magetan 2) mengetahui faktor pendukung penerapan pendekatan
saintifik di TK Muslimat NU Magetan 3) mengetahui faktor penghambat penerapan
pendekatan saintifik di TK Muslimat NU Magetan 4) mengetahui dampak penerapan
pendekatan saintifik dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di TK
Muslimat NU Magetan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik
pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam
penelitian ini meliputi Kepala Sekolah, guru kelas B dan peserta didik kelas B di TK
Muslimat NU Magetan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pendekatan saintifik ada beberapa
langkahnya yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan
mengomunikasikan. 2) faktor pendukung dalam menerapkan pendekatan saintifik
berasal dari pendidik (pemahaman), peserta didik (keaktifan dan kenyamanan), sarana
dan prasarana (fasilitas). 3) faktor penghambat dalam menerapkan pendekatan saintifik
berasal dari pendidik (pengelolaan kelas), peserta didik (tingkat kemampuan) dan waktu
yang lama. 4) dampak penerapan pendekatan saintifik dalam meningkatkan kemampuan
kognitif berjalan sesuai harapan. Dapat dilihat pencapaian indikator 58,3% dengan hasil
BSH dan 41,7% dengan hasil BSB. Dengan demikian pendekatan saintifik mempunyai
dampak kemajuan yang baik dan membantu meningkatkan kemampuan kognitif peserta
didik kelas B TK Muslimat NU Magetan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tirta Dimas Wahyu Negara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 28 Nov 2024 08:01
Last Modified: 28 Nov 2024 08:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30558

Actions (login required)

View Item View Item