Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Simulasi Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif di MTSN 6 Ponorogo

Mutmainah, Imroatul (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Simulasi Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif di MTSN 6 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Imroatul Mutmainah_207180034.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir reflektif peserta didik MTsN 6 Ponorogo masih rendah. Hal ini salah
satunya disebabkan oleh model pembelajaran yang diterapkan masih menggunakan model
pembelajaran konvensional. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang bervariasi
yang mampu meningkatkan kemampuan berfikir reflektif peserta didik. Salah satunya yaitu
menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan metode simulasi.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran problem based
learning dengan metode simulasi di MTsN 6 Ponorogo, 2) mengetahui aktivitas peserta didik
selama diterapkannya model pembelajaran problem based learning menggunakan metode
simulasi, dan 3) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir reflektif antara peserta didik yang
belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan metode simulasi dan
peserta didik yang belajar menggunakan model konvensional.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pretest-posttest
control group design. Sampel penelitian ini yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas
VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar
observasi dan tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis
statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan uji t-independen.
Hasil penelitian diketahui bahwa keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik
termasuk dalam kriteria sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 91,6% dan 92,2%. Rata-rata
kemampuan berpikir reflektif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran problem
based learning (PBL) dengan metode simulasi (eksperimen) tidak sama dengan rata-rata
kemampuan berpikir reflektif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran
konvensional (kontrol), hal ini berdasarkan hasil uji-t yang menunjukkan nilai signifikansi
sebesar 0,007.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanin Niswatul Fauziah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 28 Nov 2024 08:01
Last Modified: 28 Nov 2024 08:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30557

Actions (login required)

View Item View Item