Rahmawati, Lutfita (2022) Efektivitas Media Flash Card dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Alfabet Anak Usia 4 – 5 Tahun di Taman Kanak-Kanak PKK Bekiring Pulung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
205180040_LUTFITA RAHMAWATI_PIAUD.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Berbagai macam metode pembelajaran dapat dijadikan sebagai alternatif guru
dalam melakukam pembelajaran didalam kelas, berbagai macam artikel juga telah hadir
untuk membahas metode-metode yang tepat dan sesuai untuk diterapkan dalam
pembelajaran. Saat ini, media pembelajaran juga sudah berkembang dengan sangat pesat,
namun tidak semua guru telah menerapkan hal tersebut. Berdasarkan observasi yang
penulis lakukan pada lembaga Taman Kanak-Kanak PKK Bekiring Kecamatan Pulung
Ponorogo, secara umum penggunaan media belajar dan permainan jarang digunakan.
Dalam pengenalan lambang huruf disampaikan secara klasikal oleh guru, dengan cara
menulis lambang huruf pada papan tulis, penulis melihat bahwa antusias dan ketertarikan
anak dalam mengenal lambang huruf semakin hari semakin menurun. Anak-anak lebih
sering berkomunikasi dengan teman-temannya ketika pembelajaran pengenalan huruf
berlangsung. Masalah tersebut bisa jadi timbul akibat metode yang digunakan guru dalam
penyampaian materi masih terbatas pada metode klasikal atau ceramah serta kurangnya
penggunaan media belajar atau permainan sehingga anak-anak merasa bosan dan kurang
tertarik lalu menciptakan dunia mereka sendiri dengan membangun permainan dengan
teman-temannya.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami tingkat pencapaian kemampuan anak
dalam mengenal alfabet dan menerapkan media flash card untuk meningkatkan
kemampuan anak dalam mengenal alfabet. Penelitian ini menggunakan Penelitian
Tindakan Kelas dengan 3 siklus untuk mendapatkan hasil penelitian yang sesuai dengan
indikator keberhasilan. Penelitian dilakukan pada anak usia 4 – 5 tahun (kelompok A)
yang berjumlah 20 anak di Taman Kanak-Kanak PKK Bekiring Pulung Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan instrumen observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi
untuk menilai perkembangan kemampuan mengenal alfabet anak.
Berdasarkan analisis data ditemukan hasil pada siklus 1, 40% anak dinyatakan lulus
dan 60% tidak lulus dengan rincian 3 anak Belum Berkembang, 9 anak Mulai
Berkembang, 5 anak Berkembang Sesuai Harapan, dan 3 anak Berkembng Sangat Baik.
Pada siklus 2, 65% anak dinyatakan lulus dan 35% anak tidak lulus dengan rincian 7 anak
Mulai Berkembang, 7 anak Berkembang Sesuai Harapan, dan 6 anak Berkembang Sangat
Baik. Pada siklus 3, 85% anak dinyatakan lulus dan 15% anak tidak lulus dengan rincian
3 anak Mulai Berkembang, 9 anak Berkembang Sesuai Harapan, dan 8 anak Berkembang
Sangat Baik. Pada siklus 3, 85% anak sudah dinyatakan lulus sehingga dapat disimpulkan
bahwa media flash card mampu menigkatkan kemampuan anak dalam mengenal alfabet.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ratna Nila Puspitasaria |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 07:58 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 07:58 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30556 |
Actions (login required)
View Item |