Program Literasi Sebagai upaya Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini (Studi Kasus di RA Al Falah Dolopo Madiun)

Azizi, Isna Afifah (2022) Program Literasi Sebagai upaya Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini (Studi Kasus di RA Al Falah Dolopo Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
205180038_ISNA AFIFAH AZIZI_PIAUD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bahasa merupakan alat komunikasi, dengan bahasa orang dapat saling bertegur sapa,
bertukar pikiran untuk memenuhi kebutuhannya. Perkembangan bahasa anak selalu meningkat
sesuai dengan bertambahnya usia anak. Guru dan orang tua harus selalu memperhatikan
perkembangan anak tersebut. Proses belajar mengajar yang efektif untuk meningkatkan
kemampuan berbahasa anak dapat dilakukan melalui kegiatan literasi. Literasi merupakan
kemampuan membaca dan menulis untuk memecahkan masalah, memenuhi kebutuhan seseorang,
mempelajari informasi baru dan menemukan kesenangan dalam kata-kata tertulis. Berdasarkan
fakta yang ditemukan di RA Al-Falah Dolopo Madiun permasalahan yang ditemukan yakni
perkembangan kemampuan bahasa anak usia dini yang belum optimal yaitu pada indikator
mengenal simbol-simbol dan berpartisipasi dalam percakapan.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bentuk-bentuk kegiatan program literasi
anak usia dini yang diterapkan di RA Al-Falah Dolopo Madiun; (2) untuk mengetahui faktor yang
mempengaruhi perkembangan bahasa anak usia dini di RA Al-Falah Dolopo Madiun dan (3) untuk
mengetahui capaian perkembangan bahasa dengan diterapkan program literasi di RA Al-Falah
Dolopo Madiun.
Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Adapun teknis analisis data menggunakan konsep dari Miles dan Hubberman yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bentuk kegiatan program literasi anak usia dini
yang diterapkan di kelompok A RA Al-Falah Dolopo Madiun diantaranya literasi baca tulis yaitu
pengenalan abjad dengan kartu huruf, pengenalan huruf hijaiyyah, membaca bertahap, dan
menulis. Literasi numerasi yaitu pengenalan angka. Literasi budaya dan kewarganegaraan yaitu
bermain peran, dan mendengarkan cerita. Kegiatan dilaksanakan dengan memperhatikan
karakteristik anak yaitu bermain sambil belajar; (2) faktor yang mempengaruhi perkembangan
kemampuan bahasa adalah faktor internal di antaranya kesehatan, intelegensi. Faktor eksternal di
antaranya lingkungan, pola dkomunikasi dengan orang tua, dan pergaulan dengan teman sebaya
(3) capaian perkembangan bahasa anak usia dini dengan diterapkannya program literasi di
kelompok A RA Al-Falah Dolopo Madiun adalah berkembang sesuai dengan harapan (BSH),
dibuktikan dengan kemampuan mencapai beberapa indikator dalam memahami bahasa,
mengungkapkan bahasa dan keaksaraan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 28 Nov 2024 07:50
Last Modified: 28 Nov 2024 07:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30552

Actions (login required)

View Item View Item