Permatasari, Intan Cahyani (2022) Implementasi Merdeka Belajar pada Program Kelas Bina Prestasi (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI_PAI_210317307_INTAN CAHYANI PERMATASARI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Proses belajar di sekolah dilakukan oleh peserta didik untuk memperoleh perubahan tingkah
laku dalam dirinya secara menyeluruh mulai dari aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan sebagai
akibat dari interaksi dengan lingkungannya. Merdeka belajar merupakan proses belajar efektif yang
mampu menumbuhkan keterlibatan peserta didik dalam dalam membangun makna dan
pemahamannya serta sikap positif siswa dalam merespon pembelajaran dengan baik. Merdeka belajar
bertujuan membantu peserta didik untuk mengeksplorasi kehebatan potensinya dengan cara
menemukan dan mengembangkan keragaman bakat, minat dan kemampuannya di sekolah. Program
kelas Bina Prestasi merupakan program unggulan sebagai miniatur masa depan dari visi dan misi
yang dipegang oleh MAN 2 Ponorogo yang tujuan utamanya yaitu mewadahi potensi akademik dan
non akademik peserta didik.
Penelitian ini terkait dengan pelaksanaan merdeka belajar pada program kelas Bina Prestasi
di MAN 2 Ponorogo. Tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk menganalisis bagaimana implementasi
merdeka belajar pada program kelas Bina Prestasi di MAN 2 Ponorogo, untuk mendeskripsikan faktor
pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan merdeka belajar, serta untuk menganalisis
implikasi pelaksanaan merdeka belajar pada program kelas Bina Prestasi di MAN 2 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek dari
penelitian ini terdiri dari kepala madrasah, ketua program layanan kelas Bina Prestasi, waka
kurikulum, waka kesiswaan, 5 orang guru mata pelajaran program layanan kelas Bina Prestasi serta
5 orang siswa program kelas Bina Prestasi. Dalam teknik pengumpulan data pada penelitian ini
meggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data,
peneliti menggunakan teknik analisis kualitatif model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga
langkah yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu 1) implementasi merdeka belajar pada kelas Bina Prestasi di
MAN 2 Ponorogo dianalisis menggunakan teori dari Najelaa Shihab terdiri atas tiga dimensi yaitu
komitmen pada tujuan, mandiri untuk belajar yang berarti dan pentingnya refleksi. Dimensi yang
pertama memiliki relevansi dengan tujuan pendidikan berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Hadits, UU
Sisdiknas No. 20 Tahun 2003, visi MAN 2 Ponorogo serta tujuan siswa kelas Bina Prestasi. Dimensi
yang kedua sudah diterapakan di kelas Bina Prestasi MAN 2 Ponorogo, terbukti dari siswa diberikan
kebebasan untuk mencari informasi terkait dengan materi yang sudah disamapaikan dari berbagai
sumber belajar, guru selalu menerapkan metode active learning. Dimensi yang ketiga yaitu refleksi,
dimensi ini sudah diterapkan terbukti siswa sudah memiliki kesadaran penuh untuk belajar mandiri,
siswa aktif mengembangkan potensi melalui ekstrakurikuler, bersosialisasi dengan teman agar
mengetahui penilaian tentang dirinya, siswa juga sudah berinisiatif untuk belajar sesuatu yamg baru,
punya target belajar dan mau men-challenge dirinya. 2) Faktor pendukung: manajemen/pengeloaan
yang baik, sarana dan prasarana yang memadai, tenaga pendidik yang kompeten dan sinergitas antara
pihak Madrasah dan orang tua siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: perbedaan keadaan
psikologis masing-masing siswa dan kurangnya kesadaran siswa untuk aktif mengikuti kegiatan
pembiasaan. 3) Implikasi yang ditimbulkan dengan diimplementasikannya merdeka belajar terhadap
kelas bina prestasi MAN 2 Ponorogo yaitu: berdampak pada pengembangan diri siswa seperti
kreativitas dan keberbakatan siswa, berdampak pada konsep diri (self-concept) siswa, berdampak
pada akselerasi prestasi belajar siswa, berdampak pada manajemen pengelolaan program kelas Bina
Prestasi, berdampak pada pengembangan program kelas Bina Prestasi, berdampak pada penjaminan
mutu dari visi program kelas Bina prestasi, berdampak pada citra program kelas Bina Prestasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ahmadi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 07:44 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 07:44 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30547 |
Actions (login required)
View Item |