Alfatikhah, Zahwa Ainaya (2022) Implementasi Model Pembelajaran Sentra dalam Menstimulasi Kecerdasan Bahasa Anak Usia Dini di TK Merak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
205180025_Zahwa Ainaya_ PIAUD.pdf Download (21MB) | Preview |
Abstract
Howard Gardner menyatakan bahwa setiap anak dibekali dengan 9 macam
kecerdasan. Salah satunya yaitu kecedasan bahasa. Melalui kecerdasan bahasa, anak
dapat berkomunikasi baik dengan orang lain, pandai menyampaikan pendapat,
membaca, menulis dan mendengarkan dengan baik. Bermain adalah salah satu cara
yang efektif. Melalui kegiatan main, anak dapat belajar dengan senang dan tanpa
paksaan. Belajar melalui kegiatan main tersebut diterapkan di TK Merak Ponorogo
yang disebut dengan model pembelajaran Sentra.Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui (1) penerapan model pembelajaran Sentra dalam menstimulasi
kecerdasan bahasa anak usia dini di TK Merak Ponorogo, (2) faktor pendukung dan
penghambat penerapan model pembelajaran Sentra di TK Merak Ponorogo, dan (3)
capaian perkembangan kecerdasan bahasa anak usia dini setelah guru menerapkan
model pembelajaran Sentra di TK Merak Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif, dengan jenis penelitian
deskriptif studi kasus, yaitu penelitian yang berusaha memperoleh gambaran secara
lengkap dan detail tentang kejadian dan fenomena tertentu pada objek yang memiliki
kekhasan, yang dideskripsikan dalam bentuk naratif sehingga memberikan
gambaran secara utuh tentang fenomena yang terjadi. Dalam pengumpulan data,
penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model Milles and
Hubberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini yaitu (1) penerapan model pembelajaran Sentra dalam
menstimulasi kecerdasan bahasa anak yaitu pertama, pembelajaran harus melalui 4
pijakan, diantaranya pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan
selama main, dan pijakan setelah main. Kedua, seluruh model sentra dapat
diterapkan di TK Merak Ponorogo untuk mengembangkan kecerdasan bahasa anak
khususnya dalam bidang menyimak, berbicara, membaca, dan menulis; (2) faktor
pendukung penerapan model pembelajaran Sentra di TK Merak diantaranya
kreatifitas guru, kerja sama baik antara guru dan orang tua, dan tempat yang
memadai. Faktor penghambatnya yaitu minimnya kreatifitas guru, kurangnya kerja
sama antara guru dan orang tua dan kondisi emosional anak yang belum stabil; dan
(3) capaian perkembangan kecerdasan bahasa anak setelah diterapkan model
pembelajaran Sentra rata-rata menunjukkan berkembang sesuai harapan. Terbukti
berdasarkan hasil observasi perbendaharaan kata anak semakin bertambah setiap
harinya, anak berani berpendapat, anak berani memberi penolakan jika tidak sesuai
dengan keinginannya, anak dapat menulis huruf A-Z dengan baik, dan anak dapat
melakukan komunikasi dengan teman dan gurunya secara baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Umi Rohmah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 07:17 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 07:17 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30544 |
Actions (login required)
View Item |