-->

Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru di TK Flamboyan 2 Durenan, Sidorejo, Magetan

Kholfi'ah, Sinta Nurul (2022) Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru di TK Flamboyan 2 Durenan, Sidorejo, Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
205180019_SINTA NURUL KHOLFI'AH_ PIAUD.pdf

Download (782kB) | Preview

Abstract

Kompetensi kepribadian merupakan salah
satu kompetensi yang penting dari empat kompetensi
guru profesional lainnya. Kompetensi merupakan
kumpulan dari pengetahuan, keterampilan, dan
perilaku yang harus dikuasai dan dimiliki oleh setiap
guru untuk menjalankan tugas secara profesional.
Sesuai dengan UU Nomor 14 Tahun 2005 pasal 10
ayat 1 tentang guru dan dosen bahwa kompetensi
kepribadian adalah kemampuan kepribadian yang
mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi
teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia.
Kedisiplinan merupakan hal yang penting untuk
dilaksanakan karena akan menjadi tolak ukur
kepribadian guru yang berkualitas dan profesional.
Serta kepribadian seorang guru akan menjadi penentu
keberhasilan sekolah dalam melaksanakan program
pendidikan.
Berdasarkan uraian diatas, peneliti
mengadakan penelitian dengan tujuan: (1) untukmengetahui strategi kepala sekolah dalam
meningkatkan kompetensi kepribadian guru di
sekolah. (2) untuk mengetahui dampak dari upaya
kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi
kepribadian guru di sekolah.
Penelitian ini termasuk dalam penelitan
kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan
metode wawancara, observasi dan dokumentasi.
Teknik yang digunakan yaitu analisis lapangan, data
reduction (reduksi data), data display (penyajian data)
dan conclusion drawing/verivication. Sumber data
yang diperoleh berasal dari kepala sekolah, guru dan
murid. Penelitian bertempat di TK Flamboyan 2
Durenan Sidorejo Magetan.
Hasil penelitian mengenai strategi kepala
sekolah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian
guru di TK Flamboyan 2 Durenan, Sidorejo, Magetan
menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan kepala
sekolah harus sesuai dengan permasalahan yang
terjadi sehingga dapat memberikan pengaruh dalam
meningkatkan kompetensi kepribadian guru. Strategi
yang dilakukan kepala sekolah seperti: (1) Dalam
meningkatkan keterampilan mengajar guru
diikutsertakan dalam kegiatan seminar,
pendampingan dan belajar secara mandiri; (2) Dalam
mencapai tujuan pendidikan menggunakan metode
pembelajaran yang berbeda yakni dengan rekreasi
atau outbond; (3) Ketika ada permasalahan atau
perbedaan pendapat dapat diselesaikan dengan cara
bermusyawarah; dan (4) Ketika guru kurang disiplin
dapat diberikan teguran. Setiap strategi yang
dilakukan akan menimbulkan dampak baik itu sedikitatau banyak. Dampak yang ditimbulkan dari upaya
kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi
kepribadian guru diantaranya sebagai berikut: (1)
Dalam meningkatkan kedisiplinan guru dangan
memberikan pengawasan dan teguran akan
berdampak pada pribadi guru yang lebih baik; (2)
Dalam mengendalikan suasana kelas dengan cara ice
breaking, bernyanyi, tepuk atau menghafal surat
pendek akan berdampak pada sikap kemandirian,
kreatifitas dan kepemimpinan guru dalam mengelola
kelas; (3) Ketika menghadapi siswa yang sulit diatur
dengan cara yang dilakukan guru yakni dengan
berbicara, membimbing dengan sabar akan
berdampak pada rasa empati serta dapat mengontrol
emosi guru; dan (4) Ketika ada anak yang tertinggal
dalam pembelajaran guru melakukan pendampingan
hal ini akan berdampak pada kemandirian dalam
bertindak dan tanggungjawab sebagai seorang
pendidik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Safiruddin Al Baqi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 28 Nov 2024 07:07
Last Modified: 28 Nov 2024 07:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30543

Actions (login required)

View Item View Item