Sumarno, Muhammad Hendra. (2022) Analisis Kemampuan Penalaran Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Level HOTS (Higher Order Thinking Skills) Sesuai Gaya Belajar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI_Tadris_IPA_211317002_Muhammad Hendra Sumarno.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan penalaran merupakan salah satu dari beberapa keterampilan yang harus
dimiliki peserta didik saat ini dalam menyikapi keterampilan abad ke-21. Kemampuan penalaran
ini memiliki keterkaitan hubungan terhadap keterampilan yang digunakan peserta didik dalam
praktikum ilmiah, dan juga memiliki hubungan dengan proses pengumpulan serta proses analisis
data. Setiap peserta didik memiliki kemampuan penalaran yang berbeda-beda, perbedaan
kemampuan penalaran ini dapat dipengaruhi oleh karakteristik peserta didik tersebut, salah satunya
adalah gaya belajar. Gaya belajar yang digunakan pada masing-masing peserta didik itu berbeda,
karena gaya belajar adalah strategi belajar yang setiap individu memiliki gaya belajar miliknya
masing-masing. Kemampuan penalaran pada peserta didik dapat dimunculkan dengan pemberian
sebuah permasalahan atau problem, permasalahan ini dapat diwujudkan dengan menggunakan
soal-soal berlevel HOTS (Higher Order Thinking Skills). Soal berlevel HOTS dipilih karena dalam
penyusunan soal ini secara umum menggunakan stimulus yang bersifat kontekstual, seperti isu-
isu permasalahan global dan lingkungan sekitar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) Kemampuan penalaran peserta didik di
MTsN 2 Ponorogo dalam menyelesaikan soal level HOTS pada gaya belajar visual. 2)
Kemampuan penalaran peserta didik di MTsN 2 Ponorogo dalam menyelesaikan soal level HOTS
pada gaya belajar auditori. 3) Kemampuan penalaran peserta didik di MTsN 2 Ponorogo dalam
menyelesaikan soal level HOTS pada gaya belajar kinestetik. 4) Faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi kemampuan penalaran peserta didik dalam menyelesaikan soal level HOTS.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini berjenis kualitatif, adapun jenis pendekatan
yang digunakan adalah deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
Miles and Huberman. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 27 Februari – 24 Maret 2021 di
MTsN 2 Ponorogo. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 peserta didik, dengan kriteria dua peserta
didik tipe gaya belajar visual, dua peserta didik tipe gaya belajar auditori, dan dua peserta didik
tipe gaya belajar kinestetik. Pengumpulan data menggunakan angket, tes dan wawancara semi-
terstruktur. Instrumen pendukung yang digunakan adalah angket gaya belajar, tes pencemaran
lingkungan berlevel HOTS dengan menggunakan lima tahapan kemampuan penalaran, yaitu
mengurutkan data, menerapkan teori untuk interpretasi data, menganalisis fungsional, mengontrol
variabel, dan memprediksi berdasarkan data.
Hasil analisis kemampuan penalaran menunjukkan bahwa, 1) Subjek tipe visual mampu
menyelesaikan empat indikator penalaran, yaitu mengurutkan kumpulan data, penerapan teori
untuk interpretasi data dan analisis fungsional dan kontrol variabel, namun kurang dalam
memprediksi berdasarkan data. 2) Subjek tipe auditori mampu menyelesaikan tiga indikator
penalaran, yaitu mengurutkan kumpulan data, penerapan teori untuk interpretasi data dan analisis
fungsional, namun kurang dalam indikator kontrol variabel dan memprediksi berdasarkan data. 3)
Subjek tipe kinestetik mampu memenuhi keseluruhan dari lima indikator penalaran, yaitu
mengurutkan kumpulan data, penerapan teori untuk interpretasi data, analisis fungsional, kontrol
variabel, dan memprediksi berdasarkan data. 4) Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan
penalaran peserta didik dalam menyelesaikan soal berlevel HOTS adalah kemampuan awal, gaya
belajar, motivasi belajar, metode pengajaran, dan interaksi sosial peserta didik dengan
lingkungannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Edi Irawan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 06:54 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 06:54 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30536 |
Actions (login required)
View Item |