Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pengguna BSI Mobile Di Ponorogo Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening

Nadiyah, Hafiatul Binti (2024) Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pengguna BSI Mobile Di Ponorogo Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
402200032_HAFIATUL BINTI NADIYAH_PERBANKAN SYARIAH_REVISI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pada Bank Syariah Indonesia, yaitu masalah pada kualitas layanan sekaligus kepercaayan nasabah dalam menggunakan aplikasi BSI Mobile. Hal ini merupakan tanggung jawab utama bank syariah, sebagai bentuk dalam menumbuhkan atau menciptakan rasa kepercayaan, kenyamanan, dan keamanan bagi nasabah sehingga menimbulkan terjadinya suatu keloyalitasan nasabah. penelitian ini menggunakan kepuasan sebagai variabel intervening. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang melibatkan 100 responden sebagai sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Analisis data mencakup pengujian hipotesis klasik, regresi linier berganda, serta pengujian dan analisis jalur.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kepercayaan dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan. secara khusus pengaruh kepercayaan terhadap kepuasan sebesar 0.446, sementara pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan sebesar 0.405. Disisi lain , kualitas layanan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah sebesar 0.332, dan pengaruh kepuasan terhadap loyalitas nasabah sebesar 0.449. selain itu kepercayaan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas sebesar 0.105.
Ketika dianalisis secara bersama-sama kepercayaan dan kualitas layanan terdapat pengaruh signifikan terhadap kepuasan sebesar 88.386. Disisi lain, kepercayaan, kualitas layanan dan kepuasan terdapat pengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah sebesar 65.955. Namun secara garis besar bahwa kepuasan berperan sebagai mediator variabel kepercayaan terhadap variabel loyalitas nasabah BSI Mobile, dikarenakan hubungan tidak langsung lebih kuat dibandingkan hubungan langsung dengan nilai 0.200 < 0.105. Disisi lain variabel kepuasan tidap berperan sebagai mediator untuk variabel kualitas layanan terhadap variabel loyalitas nasabah BSI Mobile, dikarenakan hubungan langsung lebih kuat dibandingkan dengan hubungan tidak langsung dengan nilai 0.332 > 0.182.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ely Masykuroh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Nov 2024 06:54
Last Modified: 28 Nov 2024 06:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30534

Actions (login required)

View Item View Item