Hanifah, Bilqis (2024) Pemanfaatan Aplikasi Pijar Melalui Smartphone Sebagai Sumber Belajar Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Ma'arif 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200255_Bilqis Hanifah_PAI.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Hanifah, Bilqis. 2024. Pemanfaatan Smartphone Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing: Khoirun Nikmah, M.Hum.
Kata Kunci: Sumber Belajar, Smartphone, Aplikasi Pijar, SMP Ma’arif 1 Ponorogo
Kemajuan Teknologi dan Informasi telah memungkinkan pengolahan, penyajian, dan penyebaran informasi pembelajaran dalam berbagai bentuk, seperti audio, visual, audiovisual, bahkan multimedia. Hal ini membuat media pembelajaran menjadi lebih menarik dan memudahkan siswa untuk meningkatkan wawasan mereka di mana pun mereka berada. Pengunaan smartphone dalam konteks pendidikan yang menjadikan perlu dipertimbangkan secara mendalam untuk mencegah penyalahgunaan oleh siswa. Di dalam smartphone, terdapat beragam aplikasi yang dapat mendukung proses pembelajaran atau bahkan menggangu fokus belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pemanfaatan aplikasi Pijar melalui smartphone sebagai sumber belajar mata pelajaran PAI di SMP Ma’arif 1 Ponorogo, (2) mengetahui dampak positif dan negatif dari pemanfaatan smartphone sebagai sumber belajar mata pelajaran PAI di SMP Ma’arif 1 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilaksanakan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Narasumber penelitian ini adalah waka kurikulum, guru PAI dan beberapa siswa SMP 1 Ma’arif Ponorogo. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan teknik analisis Milles, Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan data, reduksi data, data display dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemanfaatan aplikasi Pijar melalui smartphone sebagai sumber belajar dalam pembelajaran PAI di SMP Ma'arif 1 Ponorogo menunjukkan bahwa smartphone dapat menjadi alat yang efektif dalam mendukung proses pembelajaran. Dengan akses yang mudah ke berbagai sumber informasi, siswa dapat lebih mandiri dalam mencari materi PAI. Namun, pemanfaatan smartphone juga memerlukan pengelolaan yang baik agar tetap sesuai dengan tujuan pembelajaran. (2) Dampak positif dan negatif dari pemanfaatan smartphone sebagai sumber belajar dalam pembelajaran PAI di SMP Ma'arif 1 Ponorogo terlihat pada dua sisi. Dampak positifnya, smartphone membantu siswa lebih mudah mengakses bahan ajar, meningkatkan motivasi belajar, dan memfasilitasi pembelajaran interaktif. Di sisi lain, dampak negatif yang muncul adalah risiko distraksi, akses ke konten yang tidak sesuai, serta potensi menurunnya interaksi sosial di antara siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Khoirun Nikmah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 06:46 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 06:46 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30529 |
Actions (login required)
View Item |