Program Identifikasi dan Asesmen pada Sekolah Inklusif di SDS Mutiarahati Ponorogo

Firdaus, AmarAlam Al (2022) Program Identifikasi dan Asesmen pada Sekolah Inklusif di SDS Mutiarahati Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180137_Amar Alam Al Firdaus_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikaninklusifmerupakanlayananpendidikanyangmemberikankesempatanbagianakberkebutuhankhususuntukdapatbelajarsecarabersamadengananakregulerdalam kelas yang sama.Langkah awalsebagaipenentulayanandanpertimbanganprogram pembelajaranbagianakberkebutuhankhususyaitudilakukanidentifikasidanasesmen.
Penelitianinibertujuanuntukmengetahui:1)ProsesperencanaanidentifikasidiSDSMutiaraHati;2)ProsespelaksanaanasesmendiSDSMutiaraHati;3)HasildilakukannyaasesmendiSDSMutiaraHati
PenelitianinidilakukandiSDSMutiaraHatiPonorogo.Penelitianinimenggunakanmetode penelitian kualitatifdengan jenis pendekatandeskriptifkualitatif.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahobservasi,wawancara,dandokumentasi.Subjekdalampenelitianadalahkepalasekolah,GPKkelasIdanII,danwalikelasII.Datadianalisismenggunakanlangkahdalam reduksidata,penyajiandata,danpenarikankesimpulan.Ujikeabsahandatadenganperpanjanganpengamatandantriangulasiteknik.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa:1)Prosesidentifikasidilaksanakanpadasaatpenerimaananakbarudanmutasianak.Sebelumnyasekolahmelakukanrapat,membuatformulirpendaftaranbaikuntukanakregulermaupunanakberkebutuhankhusus.Kemudiancaramengumpulkandatakondisianakmelaluipengisianformulirdanwawancara.Sekolahmelakukanidentifikasisepertiscreening,referal,klasifikasi,perencanaanpembelajaran,danpemantauankemajuanbelajar;2)Prosesasesmendilakukanolehpsikologdenganwawancaradenganorangtua,tesIQ,danpengambilanfingerprint.Hasilnyadiberitahukankepadaorangtua,gurupendampingkhusus,gurukelas,dankepalasekolahuntukdilakukantreatmentselanjutnyayaituperencanaanpembelajaran;3)HasilasesmendigunakangurupendampingkhususuntukmerancangpembelajaranyangtepatsesuaidengankemampuandankebutuhanABK.Modelkelas
iii
yangdigunakanyaitukelasregulerdenganclusterdanpullout.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Ulfa Nurdahlia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 28 Nov 2024 06:17
Last Modified: 28 Nov 2024 06:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30524

Actions (login required)

View Item View Item