Firdaus, AmarAlam Al (2022) Program Identifikasi dan Asesmen pada Sekolah Inklusif di SDS Mutiarahati Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
203180137_Amar Alam Al Firdaus_PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikaninklusifmerupakanlayananpendidikanyangmemberikankesempatanbagianakberkebutuhankhususuntukdapatbelajarsecarabersamadengananakregulerdalam kelas yang sama.Langkah awalsebagaipenentulayanandanpertimbanganprogram pembelajaranbagianakberkebutuhankhususyaitudilakukanidentifikasidanasesmen.
Penelitianinibertujuanuntukmengetahui:1)ProsesperencanaanidentifikasidiSDSMutiaraHati;2)ProsespelaksanaanasesmendiSDSMutiaraHati;3)HasildilakukannyaasesmendiSDSMutiaraHati
PenelitianinidilakukandiSDSMutiaraHatiPonorogo.Penelitianinimenggunakanmetode penelitian kualitatifdengan jenis pendekatandeskriptifkualitatif.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahobservasi,wawancara,dandokumentasi.Subjekdalampenelitianadalahkepalasekolah,GPKkelasIdanII,danwalikelasII.Datadianalisismenggunakanlangkahdalam reduksidata,penyajiandata,danpenarikankesimpulan.Ujikeabsahandatadenganperpanjanganpengamatandantriangulasiteknik.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa:1)Prosesidentifikasidilaksanakanpadasaatpenerimaananakbarudanmutasianak.Sebelumnyasekolahmelakukanrapat,membuatformulirpendaftaranbaikuntukanakregulermaupunanakberkebutuhankhusus.Kemudiancaramengumpulkandatakondisianakmelaluipengisianformulirdanwawancara.Sekolahmelakukanidentifikasisepertiscreening,referal,klasifikasi,perencanaanpembelajaran,danpemantauankemajuanbelajar;2)Prosesasesmendilakukanolehpsikologdenganwawancaradenganorangtua,tesIQ,danpengambilanfingerprint.Hasilnyadiberitahukankepadaorangtua,gurupendampingkhusus,gurukelas,dankepalasekolahuntukdilakukantreatmentselanjutnyayaituperencanaanpembelajaran;3)HasilasesmendigunakangurupendampingkhususuntukmerancangpembelajaranyangtepatsesuaidengankemampuandankebutuhanABK.Modelkelas
iii
yangdigunakanyaitukelasregulerdenganclusterdanpullout.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Dwi Ulfa Nurdahlia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 06:17 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 06:17 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30524 |
Actions (login required)
View Item |