Pengunaan Model Open Ended Berbasi Hots untuk Mengembangkan Kreativitas siswa dalam Pembelajaran IPS ( Studi Kasus Kelas VII SMPN 1 Gondang Nganjuk)

Isro'ah, Siti Mardian (2024) Pengunaan Model Open Ended Berbasi Hots untuk Mengembangkan Kreativitas siswa dalam Pembelajaran IPS ( Studi Kasus Kelas VII SMPN 1 Gondang Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI MARDIAN ISROAH_ 208200039 TESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Model Open Ended merupakan Model pembelajaran yang memberikan masalah dengan beberapa jawaban benar dikenal sebagai model pembelajaran terbuka. Hal ini dimaksudkan agar denga.n menggunakan metodologi ini, mahasiswa akan terinspirasi untuk menggunakan imajinasinya untuk mengatasi kesulitan yang dihadirkan. Teknik pembelajaran yang dikenal sebagai Open Ended menawarkan masalah terbuka dengan beberapa jawaban yang layak. Tujuannya adalah untuk menginspirasi siswa untuk memecahkan masalah tertentu dengan
menerapkan ide dan kreativitas mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) langkah-langkah penggunaan
model Open Ended (2) kreativitas siswa dalam pengunaan model Open Ended dan (3) adanya faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengunaan model Open Ended pada pembelajaran IPS. Adapun penelitian ini dirancang dengan mengunakan metodologi studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dengan dilakukan melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan penelitian merupakan guru mata pelajaran IPS 2 orang dan siswa kelas VII ada 2 orang di SMPN 1 Gondang Nganjuk. Data penelitian kemudian dianalisis dengan mengunakan model analisis Milles, Huberman Saldana meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Menurut hasil penelitian ditemukannya bahwa (1) Langkah- langkah penggunaan model Open Ended berbasis HOTS dalam pembelajaran IPS meliputi menyajikan masalah terbuka, memberi siswa kesempatan untuk mengatasi kesulitan, dan menyajikan dan memperdebatkan solusi yang dikembangkan siswa
(2) Kreativitas siswa dengan penggunaan model Open Ended berbasis HOTS dalam pembelajaran IPS di SMPN 1 Gondang Nganjuk dengan peningkatan
kreativitas siswa melalui pengunaan mode Open Ended dengan meliputi aspek sebagai berikut: a) orisinalitas (siswa mampu meciptakan ide baru tanpa meniru atau menyalin ide orang lain sehingga dapat menjawab masalah terbuka dengan hasil idenya sendiri), b) fleksibilitas (siswa mampu memberikan solusi dengan berbagai sisi tidak terpaku satu cara saja ), c) pemecahan masalah (siswa dapat merumuskan beberapa alternartif untuk dapat diperdebatkan). (3) Faktor pendukung antara lain persiapan sebelum menggunakan model Open Ended antara lain: a) kesiapan guru,
b)motivasi siswa, dan c) ketersediaan sumber belajar. Selain itu, persiapan sesudah menggunakan model Open Ended meliputi: a) Refleksi siswa, b) Evaluasi pembelajaran, c) Umpan balik guru. Sedangkan faktor pendukung meliputi: a)
Kesiapan guru b) Motivasi siswa, c) Ketersediaan sumber belajar. Sedangkan faktor penghambat meliputi: a)keterbatasan waktu, b) Sarana dan Prasarana (media yang
dapat menghambat pmbelajaran), c) pemahaman guru tentang model pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Nov 2024 06:29
Last Modified: 28 Nov 2024 06:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30516

Actions (login required)

View Item View Item