Pratiwi, Diah Ayu Nanda Anjar (2024) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI EMAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA PT. BPRS MITRA MENTARI SEJAHTERA KANTOR KAS PULUNG. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI DIAH AYU NANDA ANJAR PRATIWI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pratiwi, Diah Ayu Nanda Anjar, 2024. Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Pt. Bprs Mitra Mentari Sejahtera Kantor Kas Pulung. Skripsi. 2024. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ruliq Suryaningsih, M. Pd.
Kata Kunci: Strategi pemasaran, penghambat strategi pemasaran, minat
PT. BPRS Mitra Mentari Sejahtera Kantor Kas Pulung merupakan lembaga keuangan syariah yang memiliki berbagai produk pembiayaan seperti produk gadai emas. Pihak bsank telah melakukan strategi pemasaran untuk produk gadai emas seperti yang dilakukan pada produk lainnya, kenyataannya hal ini belum memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan minat nasabah dalam menggunakan pembiayaan gadai emas syariah. Produk gadai emas syariah di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo, khususnya di Kantor Kas Pulung, adalah yang paling sedikit peminatnya dibandingkan dengan produk pembiayaan lainnya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan pendekatan kualitatif. Data dan sumber data diperoleh dari pihak PT. BPRS Mitra Mentari Sejahtera Kantor Kas Pulung dan nasabah. Teknik pengumpulan data melalui wawancara. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan metode deduktif.
Hasil penelitian menyimpulkan strategi pemasaran gadai emas yang dilakukan PT. BPRS Mitra Mentari Sejahtera Kantor Kas Pulung yaitu: segmentation, targeting, positioning, product, price, promotion dan place. Terdapat dua faktor utama yang menjadi penghambat strategi pemasaran gadai emas yaitu faktor pesaing dan faktor harga, adapun faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam memilih produk gadai emas adalah faktor lokasi dan faktor pelayanan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 06:23 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 06:38 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30514 |
Actions (login required)
View Item |