Kompetensi Guru dalam Film Sokola Rimba Karya Riri Riza serta Relevasinya dengan Pembentukan Pendidikan Karakter Anak SD/MI

Nurohmah, Titik (2022) Kompetensi Guru dalam Film Sokola Rimba Karya Riri Riza serta Relevasinya dengan Pembentukan Pendidikan Karakter Anak SD/MI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180118_Titik Nurohmah_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peran guru sangat penting dalam dunia pendidikan,
diabadikan dalam Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun
2005 tentang Guru dan Dosen yang mensyaratkan adanya
orientasi serta pengembangan profesi guru sebagai
pembaharuan dari profesi guru. Kualitas pendidikan
berkaitan erat dengan kualitas tenaga pendidik atau guru.
Seorang guru juga memiliki tanggung jawab atas
pembentukan karakter peserta didik. Oleh karena itu, guru
harus memiliki kualifikasi akademik, sertifikasi pendidik,
kompetensi, kesehatan jasmani dan rohani, serta memiliki
kemampuan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.
Dalam penelitian ini peneliti menganalisis
kompetensi guru dalam film Sokola Rimba serta
relevansinya dalam pembentukan pendidikan karakter anak
SD/MI. Dengan tujuan penelitian (1) untuk menganalisis
dan mengetahui kompetensi guru yang ada dalam film
Sokola Rimba karya Riri Riza; (2) untuk menjelaskan
relevansi kompetensi guru dalam film Sokola Rimba dengan
pembentukan pendidikan karakter anak SD/MI.
vii
Untuk melakukan penelitian ini, peneliti
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis
penelitian ini adalah kajian pustaka (library research).
Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah
dengan menggunakan teknik dokumentasi. Adapun teknik
yang untuk menganalisis data adalah dengan menggunakan
teknik analisis isi (content analysis).
Berdasarkan hasil analisis dari penelitian
menunjukkan bahwa: (1) Terdapat kompetensi guru dalam
film Sokola Rimba yang meliputi kompetensi pedagogik
yaitu mampu memahami karakteristik peserta, mampu
menggunakan strategi dan metode yang sesuai dengan
peserta didik, mampu menciptakan proses pembelajaran
yang nyaman dan menyenangkan, mampu mengevaluasi
dari hasil proses pembelajaran. Kompetensi kepribadian
yaitu memiliki kearifan dan kewibawaan, bertanggung
jawab, sopan, ramah, santun, integritas tinggi, dewasa,
mantap dan stabil. Kompetensi profesional yaitu mampu
menggunakan media sekitar untuk menjelasakan agar
mudah dipahami oleh peserta didik, mampu mengaitkan
kegiatan sehari-hari dengan pembelajaran. Kompetensi
sosial yaitu mampu berkomunikasi dengan masyarakat
dengan baik, mampu berkomunikasi dengan peserta didik
dengan baik, mampu berkomunikasi dengan rekan-rekan
kantornya dengan baik. (2) Relevansi antara kompetensi
guru dalam film Sokola Rimba dengan Pembentukan
pendidikan karakter anak SD/MI dengan menggunakan
gagasan dari Ki Hajar Dewantara yaitu Ing Ngarsa Sung
Tuladha erat kaitannya dengan kompetensi kepribadian, Ing
Madya Mangun Karsa erat kaitanya dengan kompetensi
pedagogik dan kompetensi pofesional, dan Tut Wuri
Handayani erat kaitanya dengan kompetensi sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 28 Nov 2024 04:53
Last Modified: 28 Nov 2024 04:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30512

Actions (login required)

View Item View Item