Efektivitas Personal Selling dalam Menarik Minat Nasabah Tabungan Barokah (Studi pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Magetan)

Husna, Rina Maliyatul (2022) Efektivitas Personal Selling dalam Menarik Minat Nasabah Tabungan Barokah (Studi pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Magetan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
1. 402180201_Rina Maliyatul Husna.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Personal Selling yang dilaksanakan melalui komunikasi secara
langsung ialah salah satu bentuk alat promosi yang efektif. Tujuan personal
selling ialah menciptakan terjadinya transaksi pembelian sehingga dapat
meningkatkan perkembangan penjualan. Sementara itu, dalam memasarkan
produknya BPRS Magetan juga menerapkan personal selling demi menarik
nasabah. Produk BPRS Magetan yang menerapkan sistem personal selling ialah
Tabungan Barokah. Menurut data BPRS Magetan, tahun 2020-2021 jumlah
nasabah Tabungan Barokah mengalami kenaikan 10 nasabah. Jika dibandingkan
dengan perkembangan jumlah nasabah Tabungan Amanah tahun 2020-2021 yang
mencapai lebih dari 50 nasabah, maka dapat dikatakan perkembangan jumlah
nasabah yang dimiliki Tabungan Barokah relatif rendah. Sehingga dari penelitian
ini menunjukkan bahwa personal selling kurang efektif dalam meningkatkan
minat nasabah secara signifikan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui SOP pelaksanaan
personal selling yang telah diterapkan oleh BPRS Magetan, untuk mengetahui
efektivitas personal selling dan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat
meningkatkan efektivitas personal selling dalam menarik minat nasabah pada
Tabungan Barokah di BPRS Magetan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian
lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan adalah
wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan, selanjutnya
dilakukan analisis secara kualitatif deskriptif.
Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan pada BPRS Magetan,
diperoleh hasil sebagai berikut: 1) SOP personal selling pada Tabungan Barokah
telah dijalankan sesuai langkah yang meliputi pencarian nasabah, pendekatan,
presentasi, mengatasi keberatan, penutup penjualan dan follow up. 2) efektivitas
personal selling yang diukur melalui tercapainya fungsi dari personal selling
dicapai oleh BPRS Magetan yang meliputi Prospecting, Targeting, Servicing,
Information Gathering dan Allocating. 3) faktor-faktor yang dapat meningkatkan
keberhasilan personal selling selalu mendapatkan perhatian dari BPRS Magetan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tiara Widya Antikasari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 28 Nov 2024 04:17
Last Modified: 28 Nov 2024 04:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30501

Actions (login required)

View Item View Item