Upaya Guru Dalam Mewujudkan Sikap Toleransi Melalui Mata Pelajaran IPS Pada Siswa MTs Negeri 1 Ponorogo

Salam, Achmad Nasikhus (2024) Upaya Guru Dalam Mewujudkan Sikap Toleransi Melalui Mata Pelajaran IPS Pada Siswa MTs Negeri 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 208190002 Achmad Nasikhus Salam-1.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salam Achmad, Nasikhus. 2024. Upaya Guru Dalam Mewujudkan Sikap Toleransi Melalui Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Widda Djuhan, S.Ag., M.Si.
Kata Kunci : Sikap Toleransi, IPS, Guru

Pembelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan sebuah pengetahuan dan pemahaman terhadap kondisi sosial masyarakat yang selalu dinamis. Selama kegiatan pembelajaran di MTs Negeri 1 Ponorogo ditemukan beberapa kejadian kurangnya sikap menghormati atau bertoleransi seperti: siswa seperti jahil, suka membully, mencela, kemudian lemah dalam konsentrasi, memanfaatkan mendapati keakraban dengan guru, ramai ketika guru menjelaskan materi pembelajaran di kelas, keluar kelas sebelum pembelajaran selesai, sering memotong pembicaraan teman, ada juga ketika seseorang siswa ingin menyampaikan pendapatnya malah justru sebagian dari mereka memilih untuk menggobrol sendiri dengan temanya.
penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai-nilai implementasi toleransi sosial pada pada siswa kelas VIII; (2) mendeskripsikan Kendala dihadapi guru dalam mewujudkan Sikap Toleransi melalui mata pelajaran IPS di MTs Negeri 1 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif, dengan menggunakan konsep Miles hubermen dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
hasil analisis ditemukan bahwa (1) upaya sikap toleransi yang diwujudkan adalah berkaitan dengan nilai saling tolong menolong, gotong royong, bermusyawarah, saling menghormati, dan saling mengenal siapupun. Sebenarnya disekolahan juga membiasakan mereka untuk sholat dhuha selekasnya bimbingan mengaji, menghafal surat-surat pendek. (2) kendala sikap toleransi yang dicapai di MTs Negeri 1 Ponorogo yakni sudah mendapat solusi yang baik melalui pembelajaran IPS. Upaya guru mata pelajaran IPS dalam mewujudkan sikap toleransi sosial yaitu melalui metode kontekstual yang dimana guru mengkaitkan antara materi yang dipelajarinya dengan situasi nyata dalam keseharian siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Nov 2024 02:03
Last Modified: 28 Nov 2024 02:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30470

Actions (login required)

View Item View Item