ANALISIS PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PROGRAM ADIWIYATA PADA SISWA KELAS V MIN 2 MADIUN

Nawawi, Ahmad Syihabuddin (2024) ANALISIS PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PROGRAM ADIWIYATA PADA SISWA KELAS V MIN 2 MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Ahmad Syihabuddin An Nawawi 208200046 Etheses Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nawawi, Ahmad Syihabuddin 2024. Analisis Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Program Adiwiyata Pada Siswa Kelas V MIN 2 Madiun. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing:
Dr. Hestu Wilujeng, M.Pd.
Kata Kunci: Adiwiyata, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Pendidikan adalah suatu proses yang berkesinambungan dan sadar yang bertujuan mempersiapkan pendidik untuk berkembang melalui kegiatan bimbingan dan pengajaran, yang pada akhirnya menghasilkan peserta didik yang unggul tidak hanya dalam bidang akademis tetapi juga dalam budi pekerti. Pendidikan karakter sangatlah penting, dan penerapannya harus dimulai sejak dini, karena menginternalisasikan, mengamalkan, dan mengembangkan nilai-nilai positif. Pemerintah Indonesia telah memperkenalkan Kurikulum Merdeka yang menekankan kebebasan dan ketakutan siswa dalam belajar. Inovasi kurikulum ini meliputi program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang bertujuan untuk menanamkan karakter luhur dan kompetensi pada diri peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Program Adiwiyata pada siswa kelas 5 MIN 2 Madiun. 2) Mendeskripsikan respon siswa terhadap Analisis Proyek Penguatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui program adiwiyata di MIN 2 Madiun. Penelitian ini sangat penting untuk memahami efektivitas program Adiwiyata dalam membentuk karakter dan nilai-nilai siswa sekolah dasar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus dan melibatkan siswa kelas V MIN 2 Madiun sebagai partisipan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data menggunakan Teknik Matthew B. Miles, A. Michael Hubberman dan saldana, yakni dengan tahap kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber
Hasil penelitian menunjukkan 1) Program Adiwiyata memberikan dampak yang signifikan terhadap pengembangan nilai-nilai Pancasila seperti keagamaan, kemanusiaan, nasionalisme, demokrasi, dan keadilan sosial di kalangan pelajar. Program ini juga menumbuhkan kesadaran lingkungan, pemikiran kritis, dan keterampilan pemecahan masalah di kalangan siswa. 2) Respon siswa terhadap penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui program Adiwiyata sangat positif. Karena siswa terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk menjaga kebersihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hestu Wilujeng
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Nov 2024 02:02
Last Modified: 28 Nov 2024 02:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30468

Actions (login required)

View Item View Item