..(GUNAKAN TTD ALSI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UP[LOAD ULANG)..IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) BERMUATAN BUDAYA KEARIFAN LOKAL BATIK SUKUN SMPN 5 PONOROGO

Anggraeni, Salma Diah (2024) ..(GUNAKAN TTD ALSI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UP[LOAD ULANG)..IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) BERMUATAN BUDAYA KEARIFAN LOKAL BATIK SUKUN SMPN 5 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SALMA DIAH ANGGRAENI 208200087.f.pdf

Download (667kB) | Preview

Abstract

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang akan disingkat P5 yaitu sebuah inisiatif pendidikan di Indonesia yang bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila dalam diri siswa. Oleh karena itu, pelaksanaan Projek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila (P5) menjadi sangat penting dalam konteks pendidikan di Indonesia. Sedangkan pemerintah membuat sebuah program yang akan dijalankan oleh sekolah. Program ini bertujuan untuk dirancang dalam mengembangkan karakter dan keterampilan siswa melalui pembelajaran berbasis proyek yang relevan dengan isu-isu sosial, budaya, dan lingkungan sekolah. SMP N 5 Ponorogo sudah menerapkan program tersebut selama dua tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Implementasi tahap pelaksanaaan, perencanaan serta evaluasi dari projek peguatan profil pelajar pancasila (P5) bermuatan budaya kearifan lokal batik sukun di SMPN 5 Ponorogo. (2) Mengetahui faktor pendorong dan penghambat projek peguatan profil pelajar pancasila bermuatan budaya kearifan lokal batik sukun di SMPN 5 Ponorogo. (3) Mengetahui dampak projek peguatan profil pelajar pancasila bermuatan kearifan lokal batik sukun di SMPN 5 Ponorogo.
Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan studi kasus. Subjek penelitian yaitu siswa SMPN 5 Ponorogo, tim koordinator P5 batik sukun, waka kurikulum SMPN 5 Ponorogo. Adapun objek penelitian ini adalah Implementasi Projek Peguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bermuatan Budaya Kearifan Lokal Batik Sukun. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana serta triangulasi untuk keabsahan data. Berdasarkan analisis data, 1). Implementasi program P5 batik sukun di SMPN 5 Ponorogo telah dilakukan dengan merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program tersebut. Tehap merencanaan Siswa diarahkan untuk membuat kain batik dengan motif daun sukun sesuai kreativitas individu mereka.
Tahap pelaksanakan setiap hari Selasa, Rabu, dan Jum‘at selama satu jam dari pukul 13.00 hingga 14.00. Tahap evaluasi P5 ini dilakukan untuk menilai efektivitas dalam mencapai tujuan pendidikan dan pembentukan karakter siswa.
2). Faktor pendorong dan penghambat program P5 batik sukun meliputi keterbatasan sumber daya, kurangnya dukungan, rendahnya kesadaran akan kearifan lokal, dan tantangan kurikulum. 3). Dampak program ini antara lain peningkatan apresiasi budaya lokal, pengembangan karakter sesuai nilai Pancasila, peningkatan keterampilan seni, peluang ekonomi, penguatan hubungan sekolah-masyarakat, dan peningkatan citra sekolah.
Kata Kunci : Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Budaya Kearifan Lokal, Batik Sukun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khoirun Nikmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Nov 2024 01:57
Last Modified: 28 Nov 2024 01:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30467

Actions (login required)

View Item View Item