..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X SMA NEGERI 1 SLAHUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Hikmah, Ulfa Zainatul (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X SMA NEGERI 1 SLAHUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X SMA NEGERI 1 SLAHUNG.pdf

Download (957kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk siswa kelas X di SMA Negeri 1 Slahung tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik pembelajaran berdiferensiasi, metode asesmen, serta dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Temuan menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka mendorong pembelajaran yang aktif dan kreatif melalui pendekatan fleksibel yang berpusat pada siswa, sehingga meningkatkan prestasi akademik, kemampuan berpikir kritis, dan nilai-nilai keagamaan. Pendekatan diferensiasi yang disesuaikan dengan minat dan kemampuan siswa, dipadukan dengan asesmen yang variatif, mampu meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa, memenuhi kebutuhan belajar yang beragam, serta berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pelaksanaan Pembelajaran Diferensiasi Kurikulum Merdeka Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X SMA Negeri 1 Slahung. (2) Pelaksanaan Asesmen Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X SMA Negeri 1 Slahung. (3) Hasil Belajar dari Pelaksanaan Pembelajaran Diferensiasi dengan Asesmen Kurikulum Merdeka Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Slahung.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan sumber data kepala sekolah, waka kurikulum, guru dan siswa. Teknis pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisisa data ditemukan bahwa, pertama, Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMAN 1 Slahung efektif meningkatkan hasil belajar siswa dengan pendekatan fleksibel berbasis pendekatan diferensiasi pembelajaran yang mendukung pengembangan keterampilan kognitif, sosial dan karakter siswa. Kedua, Penerapan asesmen dalam Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Slahung yang mencakup asesmen diagnostik, formatif dan sumatif, mendukung pendekatan holistik dan konstruktivis dalam pembelajaran, serta memfasilitasi perkembangan kompetensi siswa secara berkelanjutan melalui umpan balik yang terstruktur dan teknologi digital. Ketiga, Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan berdiferensiasi berpusat pada siswa di SMA Negeri 1 Slahung berhasil meningkatkan kualitas pendidikan, dengan meningkatkan keunggulan akademik, keterampilan berpikir kritis, sikap religius, serta mengurangi kesenjangan belajar antar siswa melalui pendekatan yang kreatif, fleksibel dan relevan dengan kebutuhan serta gaya belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Nov 2024 01:55
Last Modified: 28 Nov 2024 01:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30464

Actions (login required)

View Item View Item