Sholihah, Nurul Rohmatul (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Example Non Example Berbantu Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MIN 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
ETHESIS_NURUL ROHMATUL S_203200083_PGMI .pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran IPA yang berlangsung di sekolah dasar hendaknya dapat
menumbuhkan sikap logis, kritis, dan kreatif terhadap gejala alam yang ada di
sekitarnya. Namun, masih banyak yang memandang IPA sebagai mata pelajaran
membosankan karena terlalu banyak materi dan teori yang harus dihafalkan.
Sehingga perlu adanya inovasi baru dalam model pembelajaran maupun media
pembelajaran yang digunakan. Upaya untuk mengatasi hal tersebut peneliti
melakukan penelitian terhadap pembelajaran IPA dengan menggunakan model
pembelajaran example non example berbantu media Puzzle.
Penelitian ini bertujuan (1). Untuk menganalisis keterlaksanaan model
pembelajaran example non example untuk meningkatkan berfikir kreatif siswa, (2).
Untuk menganalisis kemampuan berfikir kreatif mata pelajara IPA setelah
penerapan model pembelajaran example non example, dan (3). Untuk menganalisis
efektivitas model pembelajaran example non example untuk meningkatkan berfikir
kreatif siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian Quasi Eksperimental. Pengambilan data dilakukan dengan observasi
keterlaksanaan pembelajaran dan tes. Sampel penelitian ini menggunakan teknik
purposive sampling. Populasi penelitian ini yaitu kelas V yang berjumlah 51 siswa,
dengan Sampel penelitian yaitu 15 siswa sebagai kelas eksperimen dan 17 siswa
sebagai kelas kontrol. Data penelitian diolah dan dilakukan uji hipotesis berupa uji
independent t Test dan Uji N-Gain.
Hasil penelitian ini yaitu (1) Penggunaan model pembelajaran example non
example pertemuan pertama 80% terlaksana, pertemuan ke dua 95% terlaksana,
dengan rata-rata keterlaksanaan yaitu 87,5%, dilakukan secara runtut dari kegiatan
awal hingga akhir. (2) Kemampuan berfikir kreatif mata Pelajaran IPA terdapat
peningkatan antara kelas kontrol dengan penerapan model konvensional dan kelas
exeperimen dengan penerapan model pembelajaran example non example
memperoleh rata-rata pre-test 57,06 sedangkan post-test 70,88. (3) Pada uji
hipotesis dihasilkan nilai Sig.(2-tailed) 0,00 < 0,05 dan rata-rata skor N-Gain
sebesar 58,24. Maka dapat disimpulkan Model Example non Example cukup efektif
untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif mata Pelajaran IPA Kelas V MIN
3 Ponorogo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ulinnuha Nur Faizah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 01:46 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 01:46 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30450 |
Actions (login required)
View Item |