PENGGUNAAN TEKNOLOGI GADGET DALAM PENGUATAN PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENGANTISIPASI KEMEROSOTAN MORAL SISWA DI MAN PACITAN

Sakawuni, Dyah Ayu (2024) PENGGUNAAN TEKNOLOGI GADGET DALAM PENGUATAN PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENGANTISIPASI KEMEROSOTAN MORAL SISWA DI MAN PACITAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DYAH AYU SAKAWUNI 201200273.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sakawuni, Dyah Ayu. 2024. Penggunaan Teknologi Gadget Dalam Penguatan Pembelajaran PAI Untuk Mengantisipasi Tu Moral Siswa Di Man Pacitan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Ahmad Sulthon, M.Pd.I.
Kata Kunci: Penggunaan Teknologi Gadget, Penguatan Pembelajaran PAI, Mengantisipasi Kemerosotan Moral
Perkembangan teknologi dan informasi yang pesat membawa perubahan besar dalam pendidikan. Gadget menjadi kebutuhan primer dalam komunikasi dan pembelajaran. Pendidikan Agama Islam (PAI) berperan penting dalam memperbaiki moral dan etika siswa, mengajarkan nilai-nilai seperti kejujuran, kebaikan. Namun, penggunaan gadget yang berlebihan dapat mempengaruhi moral siswa secara negatif. Penggunaan teknologi gadget membuat siswa mudah mengakses berbagai macam informasi dan membuat moral siswa menjadi hanya bergantung pada teknologi gadget. Siswa sekarang menganggap suatu hal itu mudah, seperti banyak siswa yang bolos atau telat dan menganggap mencari nilai itu mudah. Dengan adanya dampak tersebut gadget pembelajaran PAI diintegrasikan dengan teknologi gadget sebagai penguatan pembelajaran agar nantinya memberikan bimbingan moral yang baik bagi siswa.
Tujuan penelitian 1) Untuk mendeskrispsikan pola penggunaan teknologi gadget di kalangan siswa dalam aktivitas pembelajaran PAI di MAN Pacitan. 2) Menjelaskan manfaat dan tantangan penggunaan teknologi gadget dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI di MAN Pacitan. 3) Memaparkan efektivitas penggunaan teknologi Gadget dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan moral siswa di MAN Pacitan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif,
jenis penelitian Studi Kasus dengan memperoleh data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini meliputi, Guru PAI, Waka kesiswaan dan Siswa MAN Pacitan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Pola penggunaan teknologi gadget di kalangan siswa dalam aktivitas pembelajaran PAI digunakan secara luas dalam proses belajar mengajar karena kemudahan dan aksesibilitasnya. Di MAN Pacitan, gadget dimanfaatkan untuk mencari informasi, mengakses materi pelajaran, dan sebagai media pembelajaran interaktif, seperti presentasi Power Point dan video animasi, khususnya dalam mata pelajaran PAI. (2) Manfaat dan tantangan penggunaan teknologi gadget yaitu penggunaan teknologi gadget yang terarah dapat membantu siswa memahami materi PAI dengan lebih baik, namun dengan pengawasan. (3) Efektivitas penggunaan teknologi Gadget dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan moral siswa yaitu siswa menjadi kreatif, inovatif dan mampu menunjukkan sikap moral yang baik dari memahami materi serta mampu menerapkan perilaku jujur. Kemudian secara negatif siswa mengalami penurunan daya konsentrasi, ketergantungan yang berlebihan, dan potensi paparan terhadap konten yang tidak sesuai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Sulton
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Nov 2024 01:44
Last Modified: 28 Nov 2024 01:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30447

Actions (login required)

View Item View Item