Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Berbasis Google Form terhadap Kemampuan Refleksi Peserta Didik di Smp Ma’arif 1 Ponorogo

Masruroh, Ana Miftachul (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Berbasis Google Form terhadap Kemampuan Refleksi Peserta Didik di Smp Ma’arif 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_TADRIS IPA_ANA MIFTACHUL MASRUROH_211317059.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Seiring berkembangan zaman, manusia dituntut mampu memechkan masalah yang akan
dihadapi melalui tahap mencari informasi. Model pembelajaran langsung membuat peserta didik
kurang aktif dalam pembelajaran, sehingga kemampuan refleksi kurang berkembang. Diperlukan
model pembelajaran dengan karakteristik khusus untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam hal ini
dunia pendidikan berperan untuk bisa melatih peserta didik memiliki keterampilan, salah satu
dengan menerapakan model pembelajaran STM berbasis google form, karena dengan adanya
pembelajaran langsung dan didukung media pembelajaran berupa permasalahan nyata maka
peserta didik akan mudah melakukan pengamatan, dan mengimplementasikan dalam kehidupan
sehari-hari sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan penerapan model pembelajaran STM
terhadap kemampuan refleksi peserta didik kelas VII di SMP Ma’arif 1 Ponorogo dengan basis
google form dan adakah respons peserta didik setelah penerapan model pembelajaran STM
berbasis google form.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experiment. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Ma’arif 1 ponorogo. Sampel yang
digunakan adalah peserta didik kelas VII A dan VII B di SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Teknik
pengumpulan data dengan tes pilihan ganda dan angket/kuesioner respon peserta didik, yang
dianalisis secara deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, dan statistik inferensial.
Berdasarkan analisis data statistik menggunakan uji t two-tailed dan uji t one-tailed maka
dapat disampaikan bahwa terdapat signifikansi perbedaan kemampuan refleksi peserta didik antara
menggunakan penerapan model STM berbasis google form dengan penerapan model pembelajaran
Konvensional berbasis google form. Kemampuan refleksi peserta didik menggunakan penerapan
model pembelajaran STM berbasis google form lebih baik daripada penerapan model
Konvensional. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, penerapan model pembelajaran STM
berbasis google form bisa menjadi alternatif bagi dunia pendidikan untuk melatih peserta didik
memiliki kemampuan refleksi pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMP Ma’arif 1 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 26 Nov 2024 07:39
Last Modified: 26 Nov 2024 07:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30442

Actions (login required)

View Item View Item