Pengaruh Literasi Sains dan Kemampuan Bertanya terhadap Hasil Belajar Sains di Mts Ngawi

Syahwati, Fitriana (2021) Pengaruh Literasi Sains dan Kemampuan Bertanya terhadap Hasil Belajar Sains di Mts Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_TADRIS IPA_211317074_FITRIANA SYAHWATI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan output dari proses pembelajaran yang dihasilkan peserta
didik dari kegiatan-kegiatan pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya
adalah kemampuan bertanya dan literasi sains.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara literasi sains dan
kemampuan bertanya terhadap hasil belajar sains di MTs Ngawi.
Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah
MTs di Ngawi dengan sampel penelitian sebanyak 120 responden dari kelas IX di MTs Al-
Hidayah Kendal dan MTsN 3 Ngawi. Penelitian ini menggunakan tes butir soal sebagai
instrumen pengumpulan data yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang
diperoleh dianalisis dengan deskriptif kuantitatif dan statistik menggunakan analisis regresi
linear berganda, analisis determinasi, uji-t, dan uji F.
Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui sebagai berikut : 1) ada pengaruh literasi
sains terhadap hasil belajar sains di MTs Ngawi sebesar 44%, 2) ada pengaruh kemampuan
bertanya terhadap hasil belajar sains di MTs Ngawi sebesar 44%, dan 3) variabel literasi
sains dan kemampuan bertanya berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar sains di
MTs sebesar 79%

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syiful Arif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 26 Nov 2024 07:22
Last Modified: 26 Nov 2024 07:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30439

Actions (login required)

View Item View Item