Syahwati, Fitriana (2021) Pengaruh Literasi Sains dan Kemampuan Bertanya terhadap Hasil Belajar Sains di Mts Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI_TADRIS IPA_211317074_FITRIANA SYAHWATI.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar merupakan output dari proses pembelajaran yang dihasilkan peserta
didik dari kegiatan-kegiatan pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya
adalah kemampuan bertanya dan literasi sains.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara literasi sains dan
kemampuan bertanya terhadap hasil belajar sains di MTs Ngawi.
Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah
MTs di Ngawi dengan sampel penelitian sebanyak 120 responden dari kelas IX di MTs Al-
Hidayah Kendal dan MTsN 3 Ngawi. Penelitian ini menggunakan tes butir soal sebagai
instrumen pengumpulan data yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang
diperoleh dianalisis dengan deskriptif kuantitatif dan statistik menggunakan analisis regresi
linear berganda, analisis determinasi, uji-t, dan uji F.
Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui sebagai berikut : 1) ada pengaruh literasi
sains terhadap hasil belajar sains di MTs Ngawi sebesar 44%, 2) ada pengaruh kemampuan
bertanya terhadap hasil belajar sains di MTs Ngawi sebesar 44%, dan 3) variabel literasi
sains dan kemampuan bertanya berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar sains di
MTs sebesar 79%
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Syiful Arif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 07:22 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 07:22 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30439 |
Actions (login required)
View Item |