Lutfirohmatika, Ikfina (2021) Efektivitas Model Pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, And Kinestetics) dengan Pendekatan Literasi Sains terhadap Kemampuan Presentasi Peserta Didik Kelas VII di Mtsn 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI_TADRIS IPA_211317046_IKFINA LUTFIROHMATIKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan presentasi merupakan hal yang perlu difokuskan proses belajar mengajar menjadi
lebih bermakna. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan presentasi sangat penting terutama dalam
pembelajaran IPA di sekolah. Selain itu, pengembangan model pembelajaran sangat dibutuhkan
dalam penyampaian materi IPA. Tujuan adanya pengembangan tersebut adalah untuk meningkatkan
pemahaman peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran yang menerapkan
model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, and Kinestetics) dengan pendekatan literasi
sains, mengidentifikasi respon peserta didik selama menerapkan model pembelajaran VAK
(Visualization, Auditory, and Kinestetics) dengan pendekatan literasi sains, dan mendeskripsikan
pengaruh pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, and Kinestetics)dengan pendekatan literasi
sains terhadap kemampuan presentasi peserta didik kelas VII di MTSN 1 Ponorogo.
Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan Jenis eksperimen Pretest-Postest Control
Group Design. Data yang dikumpulkan melalui lembar observasi, angket dan tes, kemudian data
yang diperoleh dianalisis menggunakan uji T (Two tailed) dan uji T (One Tailed).
Berdasarkan uji T (Two tailed) yang telah dilakukan, besarnya signifikansi yaitu 0,000.
Dimana 0,000 < 0,05. Dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan
presentasi peserta didik yang memperoleh penerapan model pembelajaran VAK (Visualization,
Auditory, and Kinestetics) dengan pendekatan literasi sains dan yang memperoleh penerapan model
pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, and Kinestetics). Dengan demikian dapat diketahui
bahwa model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, and Kinestetics) dengan pendekatan
literasi sains dapat meningkatkan kemampuan presentasi. Sedangkan hasil uji T (One tailed) yang
telah dilakukan, besarnya P-Value adalah 0.001. Dimana 0,001 < 0,05. Dapat dinyatakan bahwa
penerapan model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, and Kinestetics) dengan pendekatan
literasi sains lebih efektif daripada penerapan model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory,
and Kinestetics)
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Faninda Novika Pertiwi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 07:13 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 07:13 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30433 |
Actions (login required)
View Item |