Peran Guru dalam Proses Pembelajaran pada Era Pandemi Covid-19 Di SDN 2 Klesem Kebonagung Pacitan

Sulamudiana, Sulamudiana (2021) Peran Guru dalam Proses Pembelajaran pada Era Pandemi Covid-19 Di SDN 2 Klesem Kebonagung Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SULAMUDIANA_210617096.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Corona virus disease 2019 atau yang lebih dikenal dengan Covid-19 muncul pertama kali di
Wuhan, China pada akhir 2019. Oleh sebab itu guru sebagai garda terdepan dalam pendidikan
harus siap dengan perubahan yang terjadi pada sekarang ini. Guru harus pandai dalam
memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini seperti contohnya menggunaan whatsapp
dalam proses pembelajaran, agar ditengah pandemi guru dapat mengajar dengan baik dan tujuan
pembelajaran dapat tercapai. Selain itu, guru juga harus dapat memotivasi peserta didik untuk
tetap semangat melaksanakan pembelajaran walaupun sekarang berbeda dalam proses
pembelajaran. Guru juga harus tetep melakukan penilaian terhadap tugas yang telah dikerjakan
oleh peserta didik untuk mengetahui tingkat keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran yang
telah dilaksanakan.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) menjelaskan peran guru sebagai fasilitator
dalam proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19 SDN 2 Klesem Kebonagung Pacitan. (2)
Untuk menjelaskan peran guru sebagai motivator dalam proses pembelajaran di masa pandemi
Covid-19 SDN 2 Klesem Kebonagung Pacitan. (3) Untuk menjelaskan peran guru sebagai
evaluator dalam proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19 SDN 2 Klesem Kebonagung
Pacitan.
Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
yaitu teknik analisis data interaktif yaitu: reduksi data, sajian data, menyimpulkan data.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Peran guru sebagai fasilitator di tengah
pandemi Covid-19 dengan guru (a) membuat grup whatsapp untuk memudahkan dalam
memberikan tugas yang dilakukan secara daring dan untuk menyampaikan beberapa
pengumuman. (b) Melakukan home visit dengan jadwal masuk satu minggu sekali dan tidak
lebih dari dua jam pelajaran. Hal tersebut dilakukan guna untuk memfasilitasi peserta didik yang
belum mempunyai handphone dan guru dapat menyampaikan materi yang belum dipahami oleh
peserta didik, (c) serta guru melakukan bimbingan kepada peserta didik dengan membuka
kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya. (2) Peran guru sebagai motivator di tengah
pendemi Covid-19 dengan guru (a) bersikap ramah dan tebuka kepada peserta didik didalam
proses pembelajaran dalam membangun interaksi dengan peserta didik, (b) guru memberikan
hadiah berupa pujian atau barang kepada peserta didik yang berprestasi dan yang telah
menyelesaikan tugas (c) serta menciptakan pembelajaran yang menarik agar siswa tidak merasa
bosan ketika proses pembelajaran berlangsung. (3) Peran guru sebagai evaluator di tengah
pendemi Covid-19 dengan (a) pemberian tugas kepada peserta didik hal ini dimaksudkan untuk
mengukur pencapaian pemahaman peserta didik, (b) guru juga akan memberikan feedback
terhadap tugas yang telah diberikan kepada peserta didik (c) serta guru akan memberikan remidi
kepada peserta didik yang belum mendapatkan nilai yang kurang memuaskan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sisi Zazak Soraya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 26 Nov 2024 07:09
Last Modified: 26 Nov 2024 07:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30431

Actions (login required)

View Item View Item